Nasional

Mantap...!!! Cadangan Devisa RI Naik Menjadi US$ 109,8 Miliar, Utang LN Aman Bro....

MonitorRiau.com - Bank Indonesia (BI) mengumumkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juni 2016 tercatat sebesar US$ 109,8 miliar. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Mei lalu sebesar US$ 103,6 miliar. Posisi cadangan devisa merupakan salah satu indikator yang menentukan kesehatan ekonomi sebuah negara.  

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Tirta Segara mengatakan peningkatan tersebut dipengaruhi oleh penerimaan cadangan devisa, antara lain berasal dari penerbitan global bonds pemerintah, hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas, penerimaan pajak dan devisa migas, serta penarikan pinjaman pemerintah.

"Ini jauh melampaui kebutuhan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo," ujar Tirta, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 14 Juli 2016.

Menurut Tirta, BI memperkirakan posisi cadangan devisa per akhir Juni itu cukup untuk membiayai 8,4 bulan impor atau 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Posisi tersebut juga sudah berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut juga akan mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Pada akhir Des 2012, menurut Bank Indonesia, cadangan devisa Indonesia tercatat sebesar US$ 112,78 lebih tinggi dari tahun 2016. Tapi patut diapresiasi pada akhir Juni 2016 cadangan devisa tercatat sebesar US$ 109,8 miliar dimana pembangunan telah merata dari sabang sampai merauke, sejumlah proyek mangkrak diselesaikan.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan