FJPP

Ini Makanan yang Menyebabkan Tumbuhnya Ketombe

Ilustrasi Google Net.

MONITORRIAU.COM - Makanan adalah salah satu faktor penyebab munculnya ketombe di kulit kepala Anda. Kondisi ini memang dialami oleh hanya sebagian orang saja, sementara sebagian lainnya dipicu oleh stres, jamur, penyakit kulit (psoriasis) bahkan pemakaian shampo atau kondisioner yang tidak cocok.

Untuk makanan, ada dua jenis yang sebaiknya tidak banyak Anda konsumsi agar bisa terhindar dari suburnya pertumbuhan ketombe. Apa saja itu? Berikut ini daftarnya seperti dilansir laman The Science of Eating:

Makanan manis

Beberapa jenis makanan mengandung gula yang tinggi, sehingga jika mengonsumsinya Anda akan mengalami kenaikan kadar gula darah. Kondisi tersebut memicu suburnya perkembangan ketombe di kulit kepala Anda.

Gula adalah makanan yang baik bagi jamur Candida penyebab ketombe, yang memicunya berkembang dengan subur. Tidak hanya di kulit kepala namun juga di anggota tubuh lain.

Di sisi lain gula akan membuat penyerapan vitamin B kompleks terhambat, padahal vitamin itu yang menjadi nutrisi bagi tubuh untuk bisa melawan tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab ketombe.

Makanan pemicu alergi

Tubuh tiap orang punya daya tahan yang berbeda, serta punya alergi yang juga tidak sama. Beberapa orang sangat mudah mengalami alergi, sementara beberapa lainnya tahan terhadap serangan alergen.

Ada orang yang reaksi tubuhnya jika mengonsumsi suatu zat makanan tertentu, maka muncul ketombe. Makanan yang memicu alergi tersebut misalnya saja berbagai olahan susu, gorengan, gula, ikan, dan sebagainya.

Selain menghindar dari makanan pemicu alergi, Anda juga harus memperbanyak asupan vitamin B kompleks, makanan yang mengandung seng (zinc) juga lemak sehat. Semua makanan tersebut dapat menguatkan daya tahan dan memperbaiki metabolisme tubuh Anda. (*)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan