Opini

Belajar dari Pak Habibie, Jika Ingin Sukses, Ini 7 Kriteria yang Harus Anda Miliki

fhoto credit: tribunnews.com

1. Berani Mengambil Risiko

Pada tahun 1960-an, tentu tidak mudah untuk seorang Warga Negara Indonesia kuliah di luar negeri. Saat itu, teknologi belum semaju saat ini hingga mudah untuk berkomunikasi dengan keluarga. Apalagi perekonomian pada masa itu masih belum stabil, di saat-saat tertentu krisis ekonomi bisa melanda dunia. Namun, Habibie berani mengambil risiko demi mewujudkan cita-citanya. Bila kamu yakin dengan kemampuanmu, maka sudah sepantasnya kamu memperjuangkan itu.

Mungkin kamu takut dengan risiko kegagalan yang bisa saja terjadi padamu, tapi kerja kerasmu tidak akan pernah sia-sia. Bila kamu memutuskan untuk mengejar cita-citamu, pastikan kamu mengejarnya dengan sungguh-sungguh.

2. Siap Menghadapi Tantangan

Saat sudah menikah dengan Ainun, Habibie sempat mengalami masalah keuangan di Jerman. Perekonomian yang tidak stabil dan kehidupan di negeri orang membuat rumah tangga Habibie penuh tantangan. Bahkan, Ainun akhirnya bekerja meski awalnya tidak diperbolehkan demi membantu perekonomian keluarga. Bila kamu merasa kemampuanmu pantas disandingkan di level internasional, kamu harus siap menghadapi tantangan. Mungkin kamu akan direndahkan, diremehkan, bahkan ditolak karyanya. Namun hal-hal seperti itulah yang akhirnya menguatkan mentalmu. 

Untuk bertahan di level yang tinggi, kamu harus siap untuk jatuh. Hanya saja, pastikan kamu juga siap untuk berdiri lagi dengan karya yang bisa kamu banggakan.

3. Kuasai Sebanyak Mungkin Bahasa

Habibie tidak akan bisa dikenal oleh seluruh dunia bila tidak menguasai bahasa asing. Penelitian Habibie ditulis dalam Bahasa Jerman. Beliau juga menguasai Bahasa Inggris hingga memudahkannya untuk berinteraksi dengan dunia luar. Bila kamu masih malas belajar bahasa asing, kamu tidak akan bisa sukses secara internasional. Kamu harus memaksa dirimu untuk belajar. Mungkin kamu bisa mengandalkan penerjemah, namun hal itu akan menunjukkan ketidakmampuanmu dalam bersosialisasi. Minimal kamu harus menguasai Bahasa Inggris. 

Saat ini, Bahasa Inggris sudah bukan lagi nilai tambah, melainkan nilai wajib. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk belajar Bahasa Inggris. Banyak orang yang mempelajari Bahasa Inggris dari film atau buku, kok. 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan