Opini

Belajar dari Pak Habibie, Jika Ingin Sukses, Ini 7 Kriteria yang Harus Anda Miliki

fhoto credit: tribunnews.com

4. Fokus pada Cita-Citamu

Habibie sangat fokus pada cita-citanya hingga menghabiskan 10 tahun dengan belajar di kampus. Beliau baru memikirkan cinta setelah kuliahnya selesai. Habibie sangat menyukai pesawat terbang hingga tidak sulit baginya untuk fokus dengan kuliahnya. 

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa fokus hanya dengan apa yang kamu sukai. Saat ini, segala bidang memiliki peluang yang sama untuk sukses di internasional. Cita-citamu akan terasa sangat dekat bila kamu fokus.

Baca juga: 10 Motivasi dan Inspirasi untuk Para Perempuan yang Selalu Mengidamkan Kebahagiaan dan Cinta dalam Hidupnya

5. Jalin Pertemanan yang Luas

Habibie memiliki jabatan yang penting di kantornya di Jerman. Oleh karena itu, beliau memiliki jalinan pertemanan yang luas. Pertemanan yang luas juga berarti networking yang luas. 

Dengan memiliki banyak koneksi, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk maju. 

Kamu tidak akan pernah tahu siapa temanmu yang akan menjadi rekan bisnismu kelak. Kamu juga tidak akan menyangka siapa temanmu yang mengajakmu bekerja di bidang yang kamu sukai dan ternyata berhasil membuatmu sukses. Manfaatkan peluang seluas-luasnya. Saat masih ada kesempatan, sebaiknya jalin pertemanan yang luas. Jangan batasi lingkaran pertemananmu hanya di satu tempat.

6. Jangan Pernah Puas

Habibie berhasil merancang pesawat terbang yang lebih stabil dengan sistem sayap. Namun, hal tersebut tidak lantas membuatnya puas. Begitu pulang ke Indonesia, bahkan Habibie berhasil merancang keseluruhan badan pesawat. Pesawat tersebut diterbangkan pertama kali disaksikan oleh rakyat Indonesia dan presiden kala itu, Soeharto. Tahun ini, Habibie sedang merancang pesawat R80. 

Di usianya yang tidak lagi muda, beliau tidak pernah puas hanya dengan rancangan pesawatnya yang dulu. Beliau tetap ingin berkarya dan memberikan manfaat. 

Sifat ini tentunya sangat penting untuk kamu miliki. Apa pun yang kamu cita-citakan, kamu harus terus memiliki keinginan untuk berkarya. Bila kamu puas hanya dengan satu atau dua karyamu, kamu tidak akan pernah sukses secara internasional. 

7. Tetap Cintai Dirimu Sendiri

Mungkin kamu tahu bagaimana sulitnya Habibie melanjutkan hidupnya setelah ditinggalkan oleh Ainun. Namun, beliau menunjukkan bahwa kehilangan seseorang yang dia cintai tidak membuatnya terus larut dalam kesedihan. Beliau kembali bersemangat untuk merancang pesawat. Habibie tidak lupa untuk tetap mencintai dirinya sendiri. Beliau melanjutkan hidupnya dengan baik, lalu perlahan merancang pesawat lagi. Seberat apa pun masalahmu, kamu tetap harus mencintai dirimu sendiri. Saat karyamu dicemooh, tetaplah cintaimu dirimu sendiri dan jangan lupa untuk tingkatkan kemampuanmu agar bisa menembus level internasional.

Habibie masih berkarya meski usianya sudah menginjak 80 tahun. Bila kamu ingin sesukses dia, berkaryalah dengan pantang menyerah. Apa usaha dan karyamu selanjutnya?

 

sumber: trivia.id




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan