FJPP

Khasiat Luar Biasa Buah Merah dari Papua

MONITORRIAU.COM – Buah merah dengan nama latin pandanus conoideus sudah lama disebut-sebut sebagai buah dengan sejumlah khasiat luar biasa. Buah endemik dari Papua ini sempat disebut-sebut sebagai obat dewa karena kemampuannya menyembuhkan penyakit.

Sayangnya, semua khasiat ampuh buah merah ini belum memiliki data ilmiah. Meski demikian, buah merah tidak pernah berhenti digunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan.

Menurut, Rudy Susilo, Managing Director EVORIA GmbH, buah merah memiliki karakteristik zat kimia dengan kandungan asam lemak tak jenuh yang mencapai 75 persen.

"Selain itu, kandungan karotenoidnya juga tinggi sebanyak 85 persen dan beta karoten 10 persen dari 5 miligram," kata Rudy di Jakarta, Rabu, 31 Januari 2018.

Buah merah juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi di antara selected food lainnya. Rudy menjelaskan, buah merah bisa digunakan sebagai obat antiinflamasi.

"Jadi buah merah bisa digunakan untuk semua penyakit inflamasi. Misalnya, dengan uji klinik bisa untuk penyakit liver, radang usus, karena secara teori benar bisa menekan inflamasi," kata Rudy.

Sementara itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah merah, kata Rudy, belum dijajaki terlalu jauh untuk pemakaiannya. Tapi di Jerman, antioksidan digunakan untuk pasien hemodialisis dalam sebuah studi besar.

"Lainnya adalah untuk kanker, yang pengobatannya menggunakan radioterapi yang menyebabkan radang kulit," kata Rudy.

Selain itu, karotenoid dalam buah merah bisa untuk kehilangan massa otot. Di samping itu, ada enzim dalam buah merah yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka, menyuburkan rambut rontok, dan prostat.*** (viva)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan