Lingkungan

Walikota se Sumatera Tanam Pohon Khas Daerah di Tenayan Raya

PEKANBARU (MR) - Sebanyak 24 Walikota dari 5 Provinsi di Sumatera melakukan penanaman pohon khas masing-masing daerah dalam rangkaian acara Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Jumat (2/2/2018). Penanaman pohon dilakukan di perkantoran baru Pemerintah Kota Pekanbaru di Tenayan Raya.
 
Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MT mengatakan penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk penghijauan yang dilakukan Walikota masing – masing Kota peserta Apeksi.
 
"Penanaman pohon ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Apeksi yang merupakan budaya tukar menukar pohon/tanaman khas dari daerah masing-masing yang diberikan kepada tuan rumah. Kita sengaja melakukan penanaman pohon di perkantoran baru Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya. Karena insya allah pertengahan tahun ini, kita akan mulai pindah secara bertahap dari Perkantoran lama kita di Jalan Sudirman ke Tenayan Raya," jelas Walikota.
 
Dikatakan Firdaus, penanaman pohon ini merupakan momentum menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam yang berada disekitar kita. ''Inti dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk atau simbol kebersamaan serta persahabatan dalam melestarikan lingkungan di Indonesia,'' tukasnya.
 
Firdaus yang saat acara menanam jenis pohon Kapulasan mengatakan, bahwa tanaman Kapulasan tersebut adalah tanaman yang saat ini sudah langka.
 
"Kapulasan ini seperti buah rambutan yang rasa buahnya itu sangat manis. Tapi sekarang udah mulai hilang, itu yang ingin kita budidayakan kembali. Untuk Ibu Airin tadi menanam pohon Tampui. Pohon ini dulu sangat terkenal di Pekanbaru dan Kampar. Buahnya enak dan sangat manis, tapi memang sekarang sudah hampir tidak ada alias langka. Kita ingin kembali membudidayakannya," ungkapnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum Apeksi Airin Rahmi Diany berharap acara Muskomwil I Apeksi yang digelar di Pekanbaru ini berjalan lancar dan tanpa ada kendala apapun.
 
"Hari ini insya allah kita akan melakukan pemilihan ketua baru. Tentu beberpaa program kegiatan di masing-masing komisariat wilayah sudah dilakukan dan tentu akan bersinergi dengan program yang ada di tingkat pusat," ungkapnya.
 
 
 
Sumber: Riauterkini.com
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan