FJPP

10 Daun Ini Jadi Solusi Ampuh Sembuhkan Asam Urat

MONITORRIAU.COM – Asam urat adalah jenis penyakit persendian. Penyakit ini disebabkan karena adanya penumpukan purin di dalam tubuh. Akibat penumpukan purin tersebut penderitanya mengalami nyeri yang kuat di bagian persendian.

Apabila sudah terlanjur mengidap penyakit asam urat, salah satu jalan keluarnya adalah mengatasinya. Anda dapat pergi ke dokter dan mendapat resep untuk bisa mengatasi kadar purin dalam tubuh.

Namun selain pergi ke dokter, Anda bisa memanfaatkan daun yang dapat dibuat menjadi ramuan penurun kadar asam urat secara tradisional. Nah, berikut 10 daun yang dapat menurunkan kadar asam urat.

1. Daun Salam

Daun salam memiliki kandungan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kandungan daun salam tersebut Anda bisa membuat rebusan daun salam. Air dari rebusan daun salam dapat Anda konsumsi di pagi dan malam hari.

2. Daun Binahong

Daun binahong mengandung oleanotik, polifenol, alkaloid, minyak atsiri dan saponin yang dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, binahong juga bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetesm karena bisa membuat angka glikemik turun.

3. Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung vitamin yang cukup tinggi seperti vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut membantu membuang racun di dalam tubuh. Pada pengidap penyakit asam urat, daun sirsak dinilai dapat menurunkan kadar asam urat serta meredakan rasa nyeri akibat kristal purin menumpuk di persendian.

4. Daun Sidaguri

Daun sidaguri diketahui dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Cara membuat ramuan penurun kadar asam urat dari daun sidaguri cukup mudah, Anda dapat menakar daun hingga 20 gr ditambah 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa setengah bagian. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini 3 kali sehari supaya mendapat hasil yang maksimal

5. Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing diketahui bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh karena memiliki sifat diuretik yang dapat melarutkan kristal purin dan membuangnya melalui saluran urin.

6. Daun Pare

Biarpun rasanya pahit, tapi daun pare memberikan khasiat yang luar biasa bagi penderita asam urat. Daun pare mengandung sejumlah senyawa yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

7. Daun Bidara

Daun bidara mengandung kalsium, alkalin, natrium, aldehid, keton dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Anda dapat membuat ramuan daun bidara dengan mencampurkan lada, temulawak dan komfrey. Semua bahan dicampur menjadi satu lalu direbus. Air rebusannya dapat dikonsumsi di pagi, siang dan juga malam hari.

8. Daun Seledri

Seledri yang biasa dijadikan tambahan masakan pada sop ternyata mempunyai manfaat lain khususnya bagi kesehatan yang berkaitan dengan asam urat. Daun seledri mengandung sulfur, klorin, inositol, asam lemak, folat, esensial, pottasium, seng, selenium, mangan, vitamin A dan vitamin B1 yang bermanfaat untuk penderita asam urat.

9. Daun Kelor

Daun kelor dipercaya dapat mengobati penyakit asam urat. Daun ini mengandung senyawa penting yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh seperti flavonid dan alkaloid. Kedua kandungan tersebut bisa menurunkan serta mencegah pembentukan asam urat yang baru. Daun ini juga bisa menghentikan rasa nyeri dan radang.

10. Daun Sambiloto

Daun sambiloto mengandung flavonoid, keton, kalium, alkane, aldehid, natrium, dan kalsium yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Cara membuat ramuannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 10 gr sambiloto kering dengan 10 gr temulawak kering lalu direbus menggunakan 5 gelas air. Biarkan mendidih sampai airnya menyusut hingga tersisa 3 gelas saja.

Nah itulah 10 daun untuk asam urat yang dapat dimanfaatkan. Untuk Anda yang masih dalam kondisi sehat, akan jauh lebih baik untuk selalu menjaga kesehatan dengan menghindari pengonsumsian makanan yang menyebabkan asam urat.*** (viva)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan