FJPP

Bulu di Sekitar Payudara Bisa Jadi Sinyal Penyakit Berbahaya

MONITORRIAU.COM – Rambut pada sekujur tubuh kita memiliki fungsi yang penting, seperti melindungi dari rasa dingin. Selain itu, juga mencegah abrasi pada beberapa bagian tubuh, dan rambut juga menjaga tubuh terhindari dari kotoran dan benda-benda kotor lainnya dari tubuh.

Tapi, seringkali keberadaan rambut di beberapa bagian tubuh tidak kita inginkan. Seperti pada payudara, padahal ini adalah normal dan merupakan pengaruh dari hormon kita.

Pada wanita, rambut atau bulu pada payudara bisa disebabkan karena produksi berlebih hormon seks pria testoteron, yang pasti dimiliki semua wanita. Testoteron yang berlebih menstimulasi pertumbuhan rambut.

Sama halnya penurunan estrogen bisa menjadi penyebab pertumbuhan rambut yang tiba-tiba. Meski demikian, seperti dilansir dari laman Mirror, Rabu, 7 Februari 2018, rambut pada payudara juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Bulu yang berlebih pada payudara bisa menjadi gejala sindrom Cushing, yang disebabkan hormon kortisol yang terlalu banyak di dalam tubuh. Gejala lainnya bisa meliputi peningkatan lemak di dada dan perut, wajah merah dan bengkak, mudah memar, stretchmarks berwarna ungu, lengan dan kaki bagian atas yang melemah, libido menurun, depresi, dan rambut di tubuh.

Jika tidak diatasi, sindrom ini bisa menjadi lebih serius dan bisa membutuhkan waktu lama untuk pengobatan. Rambut di payudara ini juga bisa merupakan akibat dari pengobatan steroid atau karena tumor pada kelenjar pituitary atau kelenjar di bawah otak atau tumor pada kelenjar adrenal pada ginjal.

Sindrom ovarium polikistik

Sindrom yang bisa menyerang satu dari lima wanita ini terjadi ketika ovulasi tidak terjadi, karena kantung ovarium tidak mampu melepaskan telur. Dalam kasus yang parah, penderita sindrom bisa mengalami pertumbuhan rambut yang hebat di wajah, dada, punggung, dan bagian bokong.

Jika Anda menyadari adanya rambut di payudara, maka ada beberapa cara untuk menghilangkannya, seperti mencabutinya. Selain itu, ada cara yang lebih mahal, yakni dengan elektrolisis atau laser penghilang rambut yang memberikan solusi jangka panjang.*** (viva)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan