Sosial Budaya

Cieee..!!! Puluhan Pasang Sapi Ikuti Kontes Kecantikan

MonitorRiau.com - Sebanyak 73 pasangan sapi betina bersaing menjadi yang tercantik, dalam konteks kecantikan sapi atau kontes sapi sonok yang digelar masyarakat penggemar sapi di lapangan Desa Sotabar, Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (7/8). Menurut Panitia Penyelenggara Kontes Sapi Sonok Nasuki, kontes sapi cantik itu merupakan tradisi.

"Tradisi seni kecantikan sapi ini merupakan tradisi asli Pamekasan bahkan telah memiliki hak paten di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Madura," kata Nasuki yang juga Kepala Desa Sotabar itu.

Sapi-sapi itu dipajang berpasangan. Dengan iringan musik saronen, yakni musik khas Madura, sapi-sapi itu dilepas secara bersamaan berjalan diatas lintasan sepanjang 200 meter. Dewan juri menilai gerak langkah sapi yang sesuai dengan irama gamelan musik, dan keindahan pakaian sapi.

"Syaratnya harus berjalan lurus dan tidak boleh melebihi garis batas yang telah ditetapkan," terang Nasuki.

Jika, kaki sapi menyenggol garis pembatas, maka nilainya akan dikurangi sepuluh, dan pasangan sapi harus bisa masuk gelanggang dengan sempurna.

"Budaya asli Madura ini memang perlu dilestarikan, dan dalam kontes Sapi Sonok memang lebih mengedepankan seni," kata Ketua DPRD Pamekasan Halili yang datang secara langsung menyaksikan kontes Sapi Sonok itu

 

Sumber : Republika




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan