Terkait Permen Narkoba Di Pekanbaru

BPOM Rilis Penjelasan Resmi

Ilustrasi permen narkoba. Foto: Ilustrasi/Instagram @candytopia
Jakarta (MR) - Balita usia 3,8 tahun asal Pekanbaru diduga terindikasi positif narkoba. Belum dapat dipastikan dari mana narkoba bisa masuk ke tubuhnya. Namun berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Senin (2/4/2018), kejadian tersebut berada di Kota Selatpanjang, Meranti Riau. 
 
Peristiwa itu terjadi pada Jumat (30/3) sore. Korban saat itu dibelikan permen oleh kakeknya, seperti dikutip dari detikNews. Direktur Resnarkoba Polda Riau Kombes Hariono pun mengaku pemeriksaan telah dijalani oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.
 
Hasil dari penelusuran dan pemeriksaan lebih lanjut, BPOM pun menegaskan lewat rilis yang dipublikasikan di situs resminya bahwa sampel permen yang dikonsumsi oleh anak balita tersebut ternyata negatif narkoba.
 
 
Berikut ini penjelasan BPOM secara lengkap:
 
 
Sehubungan dengan beberapa pemberitaan di media daring tentang kejadian balita yang mengalami gelisah dan tidak bisa tidur setelah mengonsumsi permen, BPOM RI memandang perlu memberikan penjelasan sebagai berikut: 
 
1. Balai Besar POM (BBPOM) di Pekanbaru bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti dan Polres Kepulauan Meranti telah melakukan penelusuran terkait pemberitaan tersebut.
 
2. Berdasarkan penelusuran tersebut, diketahui bahwa permen yang diduga mengandung narkoba tersebut telah terdaftar di BPOM RI. Izin edar diterbitkan BPOM RI setelah dilakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan gizi produk termasuk proses produksi serta labelnya.
 
3. Sampel permen yang dikonsumsi anak balita dan ibu tersebut telah diuji di laboratorium BBPOM di Pekanbaru, dengan hasil NEGATIF narkoba.
 
4. BPOM RI akan terus memantau perkembangan isu ini dan mengambil langkah hukum jika terbukti melanggar peraturan perundang-undangan
 
 
Sumber: Detik.com




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan