Lifestyle & Entertainment

Bagi Ibu Hamil Berhati - hatilah Saat Minum Susu Almond

MONITORRIAU.COM - Gaya hidup vegetarian kian menjadi populer akhir-akhir ini. Hal itu juga melatarbelakangi munculnya berbagai makanan dan minuman alternatif. Salah satunya susu dari kacang almond.
 
Sebagaimana diketahui, selama ini susu yang biasa dikonsumsi berasal dari sapi dan mengandung lemak. Maka tak heran bila ada yang memodifikasi asal susu agar vegetarian dapat benar-benar menjadi vegetarian. Susu ini banyak digunakan pada kopi dan smoothie.
 
Namun tahukah Anda bila ternyata cara tersebut salah? Menurut ahli kesehatan, Dr Michael Mosley, susu dari kacang termasuk susu almond memiliki dampak positif dan negatif. Susu kacang bukanlah susu melainkan cairan yang terbentuk hasil perendaman kacang dan air. Secara keseluruhan susu jenis ini tidak memiliki masalah, akan tetapi ada nutrisi yang kurang dalam dan dapat menyebabkan masalah bagi perempuan.
 
“Salah satu hal yang sangat mengejutkan yang saya temukan adalah banyak sekali perempuan sekarang yang kekurangan yodium. Salah satu sumber utama yodium adalah susu. Sedangkan sekarang ini banyak perempuan yang bergeser dari meminum susu sapi ke susu almond dan alternatif lain padahal susu jenis itu hanya memiliki sekira 1-2% kandungan yodium dari susu sapi," ungkap Dr Michael seperti yang dikutip dari Delicious, Senin (30/4/2018).
 
Lebih lanjut dirinya menjelaskan manfaat penting yodium khususnya bagi perempuan. "Yodium sangat penting untuk menjaga tiroid dalam kondisi baik. Bila jumlahnya tidak tercukupi, maka bisa menjadi hipotiroid dan menambah berat badan. Selain itu, bagi ibu hamil yodium sangat penting karena memengaruhi perkembangan otak janin,” jelas Dr Michael.
 
Beruntung kekurangan yodium dari susu sapi dapat diatasi dengan cara lain. "Untuk memastikan status yodium, ada baiknya dilakukan pemeriksaan. Selain itu, aturlah kembali menu makanan dan konsumsi suplemen bisa menjadi pilihan. Ada beberapa multivitamin yang mengandung yodium, namun nutrisi itu juga bisa didapatkan dari susu, ikan putih, atau rumput laut," pungkas Dr Michael.
 
 
 
Sumber : Okezone.com




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan