Dunia

Pasukan Gurkha siap amankan perhelatan KTT AS-Korut di Singapura

Pasukan Gurkha. REUTERS/Edgar Su
MONITORRIAU.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tidak perlu khawatir soal keamanan selama menggelar pertemuan di Singapura pada 12 Juni mendatang. Pasalnya, keselamatan mereka bakal dijamin oleh Pasukan Gurkha.
 
Kedua pemimpin negara memang membawa pasukan keamanan pribadi ke Singapura. Namun sebagai tuan rumah Singapura juga mengerahkan pasukan tersendiri selama berjalannya pertemuan.
 
Pasukan Gurkha diyakini sebagai prajurit paling ganas dan ditakuti di dunia. Saat Singapura merasa terancam dengan keberadaan militan di negaranya, maka saat itulah pasukan asal Nepal itu dikerahkan dibanding aparatnya sendiri.
 
Dengan senapan serbu dan senjata tradisional 'khukris' atau pisau unik yang menjadi ikon nomor satu mereka, Pasukan Gurkha bakal menyebar untuk memberikan keamanan kelas dunia.
 
"Polisi elit Singapura dan Pasukan Gurkha akan mengamankan tempat pertemuan, jalan, hingga hotel tempat para pemimpin dan delegasi menginap," demikian pernyataan diplomat yang dekat dengan sumber keamanan VIP, dikutip dari Reuters, Selasa (5/6).
 
Pasukan Gurkha tidak hanya dipersiapkan untuk KTT AS-Korut saja. Beberapa pekan belakangan, mereka terlihat mengamankan Hotel Shangri-La selama pertemuan pejabat negara dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, hingga menteri-menteri regional lain.
 
"Mereka adalah salah satu yang terbaik dari yang dapat ditawarkan oleh Singapura, dan saya yakin mereka pasti terlibat di pertemuan puncak itu" ujar Tim Huxley, seorang ahli di angkatan bersenjata Singapura dari Institut Studi Strategis Internasional (IISS).
 
"Mereka adalah pasukan garda terdepan dengan kekuatan besar. Perhelatan semacam ini adalah jenis operasi yang khusus ditangani oleh Pasukan Gurkha," tambahnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan