FJPP

Temukan Fasilitas Kesehatan Saat Mudik Dengan Aplikasi Ini

Kementerian Kesehatan meluncurkan aplikasi Indonesia Health Facility Finder (i-HeFF) yang bisa digunakan pemudik mencari informasi Puskesmas terdekat. Aplikasi diluncurkan Juni 2018.
MONITORRIAU.COM - Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan meluncurkan aplikasi baru bernama Indonesia Health Facility Finder (i-HeFF). Perangkat lunak berbasis Android itu bisa membantu pengguna seperti para pemudik sekarang yang memerlukan informasi lokasi dan jarak fasilitas kesehatan terdekat.
 
Aplikasi yang diluncurkan 9 Juni 2018 itu keesokan harinya sudah bisa diunduh pengguna secara gratis di PlayStore. Berukuran total 2 MB, aplikasi melayani lokasi dan rute terdekat ke fasilitas kesehatan.
 
"Pada tahap pertama ini baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), nantinya akan masuk rumah sakit dan apotek," kata Kepala Pusdatin Kementerian Kesehatan Didik Budijanto yang dihubungi Senin, 11 Juni 2018.
 
Aplikasi itu memuat 9.825 titik lokasi Puskesmas se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tapi di layar aplikasi, bisa jadi tidak semua lokasi Puskesmas akan muncul. " Karena mereka harus terakses juga oleh Internet," kata Didik.
 
Setiap lokasi Puskesmas dilengkapi dengan beragam informasi, seperti nomor telepon, jumlah dokternya, pelayanan kesehatannya apa saja, dan ada fasilitas rawan inap atau tidak.
 
"Saat arus mudik tahun ini ada 1200-an Puskesmas yang disiagakan di jalur mudik sampai 24 Juni," ujar Didik.
 
Aplikasi i-HeFF berbasis global positioning system (GPS ) itu akan mencarikan Puskesmas mana yang paling dekat dengan posisi pengguna atau pengemudi. Sistem juga menampilkan rute atau dan jalur terdekat agar bisa sampai dengan cepat.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan