FJPP

Peringatan Bagi Pemudik Yang Suka Minum Soda

Minum soda saat mudik sebaiknya dihindari karena berpotensi memberikan efek buruk, baik saat perjalanan maupun untuk kesehatan secara keseluruhan. (Ilustrasi/Foto: kaicho20/Pixabay)
JAKARTA (MR) - Selama ini banyak orang membawa minuman soda untuk menemani perjalanan, karena dianggap ampuh dan pas mengatasi mabuk perjalanan.
 
Akan tetapi anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Soda justru dapat memberikan efek buruk, baik saat perjalanan maupun untuk kesehatan secara keseluruhan. Di antaranya, soda mengandung gula tinggi dan berisiko membuat dehidrasi.
 
Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang membuat minum soda berlebihan baiknya dihindari saat mudik:
 
1. Kandungan gula tinggi
 
Minuman soda mengandung gula begitu tinggi. Dilansir dari Wellness Mama, satu kaleng soda setara dengan 10 sendok teh gula. Gula sebanyak ini dapat membuat kadar gula darah langsung 'meroket'. Risiko penyakit diabetes, kenaikan berat badan dan sederet masalah kesehatan lain semakin nyata. 
 
Apa orang bisa menghindari gula? Soda mengandung pemanis buatan yakni aspartam yang bisa lebih berbahaya daripada gula biasa. Aspartam dapat dihubungkan dengan sejumlah penyakit seperti kejang, sklerosis, tumor otak, diabetes dan kelainan emosional. 
 
2. Dehidrasi
 
Rasa manis dan sensasi di lidah ala minuman soda kerap diandalkan mereka yang dalam perjalanan jauh untuk tetap terjaga atau terhindar dari mabuk perjalanan. Ia juga dianggap bisa menggantikan air. Padahal minuman soda dapat membuat orang mengalami dehidrasi akibat kandungan gula tinggi, sodium dan kafeinnya. 
 
Dehidrasi dapat memicu mabuk perjalanan sebab muncul rasa pening dan rasa tak nyaman pada perut. 
 
3. Bikin sering ke toilet
 
Mereka yang melakukan perjalanan mudik harus kerap ke toilet jika kerap minum minuman soda. Kandungan kafein membuat tubuh banyak mengeluarkan urin. Hal ini tentu tak nyaman selama dalam perjalanan dan membuat orang tak dapat tidur atau duduk tenang. 
 
4. Merusak gigi
 
Perjalanan mudik kerap tak memungkinkan orang untuk gosok gigi apalagi mandi saat malam tiba. Sisa gula pada mulut dan gigi dapat membawa masalah baru. Bakteri pada mulut mendapat 'asupan' dari gula sehingga menimbulkan asam. Risiko gigi berlubang atau gigi keropos pun semakin besar. 
 
5. Tubuh sulit menyerap kalsium
 
Konsumsi soda tidak memberikan manfaat dalam hal asupan nutrisi untuk tubuh. Ia malah mengganggu penyerapan nutrisi. 
 
Minuman soda mengandung asam fosfat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium oleh tubuh. Akibatnya, orang rentan terkena osteoporosis, karies tulang dan pelunakan tulang. Asam ini juga berinteraksi dengan asam lambung yang berakibat pada pelambatan proses pencernaan dan menutup penyerapan nutrisi.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan