Dunia

DIdakwa Korupsi, Eks Wakil Presiden Iran Kurus Kering di Penjara

Eks wakil presiden Iran, Hamid Baghaei tampak kurus kering karena mogok makan menolak dakwaan bersalah melakukan korupsi.
JAKARTA (MR) - Foto-foto terbaru eks wakil presiden Iran, Hamid Baghaei mengejutkan para netizen karena tubuhnya tampak kurus kering setelah setengah tahun dipenjara atas tuduhan korupsi.
 
Baghaie ternyata melakukan aksi mogok makan total setelah pengadilan memvonisnya 63 tahun penjara pada Desember tahun lalu.
 
Foto tubuh kurus kering sahabat terdekat mantan presiden garis keras Iran, Mahmoud Ahmadinejad, ditampilkan di situs Dolate Bahar dan disebarkan oleh kantor berita semi resmi bernama Iranian Students News Agency atau ISNA.
 
Di situs yang merupakan jaringan Ahmadinejad melaporkan, aparat keamanan Iran memindahkan Baghaei pada Sabtu malam, 9 Juni 2018  ke penjara Evin meski pun kondisi kesehatannya yang sudah parah akibat mogok makan.
 
"Banyak orang tidak percaya berita mogok makan dan mereka berbohong untuk berita seperti ini, namun setidaknya foto ini mengindikasikan kebenaran atas apa yang dikatakan," kata Zia Nawabi, aktivis pelajar yang dulu dipenjara beberapa tahun di penjara Karoon di Ahvaz, menanggapi foto-foto Baghaei.
 
Baghaei dibui atas dakwaan korupsi dan pencurian 3,5 juta euro, dan dana alokasi tambahan sebesar US$ 750 ribu dari Pasukan Quds di Pasukan Garda Revolusi Iran yang disalahgunakan untuk mempengaruhi negara-negara Afrika.
 
Baghaei membantah dakwaan itu dan menyerukan agar digelar persidangan untuk komandan Pasukan Quds, Qasem Soleimani tentang tuduhan korupsi tersebut.
 
Ahmadinejad pun telah menyalahkan rezim berkuasa dan kepala hukum Iran, Sadeq Larijani atas resiko yang dihadapi mantan pembantu dan sahabatnya yang telah ditahan selama 15 tahun di penjara setelah didakwa melakukan penggelapan uang dan kasus korupsi lainnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan