Daerah

Disbunnak Pelalawan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

PANGKALANKERINCI (MR) - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Pelalawan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban di beberapa titik lokasi.
 
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Pelalawan, Asmedi, Selasa (21/8/2018) mengatakan, pemeriksaan hewan telah dilakukan sejak Senin kemarin.
 
"Kemarin, kita sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Ada beberapa titik dilakukan pemeriksaan," ungkapnya.
 
Diungkapkannya lagi, Rabu besok tim yang terdiri dari medis dan non medis akan kembali melakukan pemantauan dan pemeriksaan ke masjid-masjid yang menyelenggarakan kurban.
 
"Besok, tim akan kembali melakukan pemeriksaan hewan kurban, ke masjid-masjid. Pemeriksaan sederhana dilakukan, dengan melihat hati hewan kurban melalui uji sederhana," jelasnya.
 
Sejauh ini, kata Asmedi, belum ditemukan adanya hewan kurban baik sapi, kerbau ataupun kambing yang bermasalah.
"Memang biasanya setelah dipotong akan ketahuan, ada penyakit cacing hati atau tidak. Pada hari pelaksanaan kurban tim akan melakukan pemeriksaan," pungkasnya.
 
Kebutuhan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 2018 di Kabupaten Pelalawan diperkirakan mencapai 2016 ekor. Jumlah ini naik sekitar 5 persen dari estimasi pemotongan hewan kurban pada tahun 2017 lalu.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan