FJPP

Persentase Rumah Sakit dan Klinik di Riau Gabung BPJS

MONITORRIAU.COM - Baru 90 persen rumah sakit dan klinik di Provinsi Riau bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
"Belum semua rumah sakit. Tapi 90 persen mereka sudah bekerjasama dengan BPJS," kata Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng, Siswandi, Jumat (31/8/2018).
 
Dia mengatakan sedangkan sisanya 10 persen yang belum itu rumah sakit swasta. Karena kalau rumah sakit pemerintah itu otomatis diwajibkan harus bergabung dengan BPJS.
 
"Kalau rumah sakit pemerintah sudah otomatis, yang belum ini (jadi mitra BPJS, red) rumah sakit swasta. Contoh rumah sakit Santa Maria belum, tapi mereka mengajukan proses kerjasama," bebernya.
 
Lebih lanjut disampaikan Siswandi, pada prinsipnya rumah sakit swasta ini tidak wajib bergabung BPJS. Namun di dalam undang-undangnya bisa bermitra dengan BPJS.
 
"Untuk proses kerjasama kalau mereka mendata baru kita proses. Untuk memproses itu kita sendiri, tapi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan asosiasi profesi," paparnya.
 
Siswandi menerangkan untuk rumah sakit pihaknya harus meminta rekomendasi dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi). Sedangkan klinik atau praktek dokter dengan Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin).
 
"Jadi walaupun rumah sakit sudah mengajukan proses kerjasama, tapi kita tetap mengacu terhadap rekomendasi Dinas Kesehatan dan asosiasi profesi," cakapnya.
 
Meski tidak diwajibkan, Siswandi mengimbau kepada rumah sakit dan klinik yang belum untuk bergabung dengan BPJS. Hal ini untuk mengantisipasi jika semua penduduk Riau memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
"Sekarang penduduk Riau yang memiliki JKN itu 70 persen. Kalau seluruh penduduk Riau ikut program JKN, tentu ini ada kekurangan fasilitas layanan BPJS," tukasnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan