Daerah

Bupati Pelalawan Gesa Inovasi Desa

Bupati Pelalawan, HM Harris membuka bursa inovasi desa, Selasa (2/10/2018)

PANGKALANKERINCI (MR) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) menggelar bursa inovasi desa di Gedung Daerah Laksmana Mangkudiraja, Kota Pangkalan Kerinci, Selasa (2/10/2018).

Bupati Pelalawan, HM Harris membuka kegiatan yang dihadiri oleh para kepala desa se Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutannya, Bupati Harris meminta kepada desa untuk dapat berinovasi pada daerahnya masing-masing. Pemerintah daerah membuat terobosan dengan mengembangkan potensi pariwisata lokal.

"Tidak hanya pariwisata alam saja, bisa juga dikembangkan dari kesenian dan budaya. Daerah kita beraneka ragam kebudayaan dan ini bisa dikelola serta dikembangkan kedepannya," terangnya.

Kepala DPMP, Zamur selaku koordinator inovasi desa Kabupaten Pelalawan menyampaikan bahwa Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah mewujudkan Nawacita dalam RPJMN 2015-2019.

"PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dalam mengemban rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas," paparnya.

Lanjut Zamur, PID diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada pendampingan desa dalam pelaksanaan undang-undang desa.

"Bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa," tandasnya.

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan