Dunia

Kewalahan Hadapi Imigran, Trump Ancam Kerahkan Militer AS ke Perbatasan

MONITORRIAU.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan mengerahkan militer dan menutup perbatasan AS-Meksiko untuk melawan “serangan imigran”.

Seiring dengan masuknya ribuan orang melewati Amerika Tengah menuju perbatasan AS, Trump menyalahkan Demokrat karena banyak imigran Guatemala, Honduras dan El Salvador yang masuk, termasuk para kriminal.

"Saya harus, dalam tindakan yang paling kuat, meminta Meksiko untuk menghentikan serangan gencar ini. Jika mereka tidak dapat melakukannya, saya akan memanggil militer AS dan menutup perbatasan selatan kami," kata Trump, seperti diberitakan Channel News Asia, Jumat 19 Oktober 2018.

Trump bahkan mengaku siap untuk mempertaruhkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), yang baru dinegosiasikan ulang antara Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada.

"Serangan terhadap negara kami di perbatasan selatan, termasuk unsur pidana dan narkoba, sangat penting bagi saya sebagai presiden, daripada perdagangan," ujarnya.

Pernyataan keras Trump dikeluarkan setelah sekitar 2.000 imigran Honduras berangkat dari Kota San Pedro Sula, menuju perbatasan Amerika Serikat.

Satu kelompok pertama yang terdiri dari ratusan imigran Honduras, tiba pada hari Rabu malam di perbatasan Guatemala-Meksiko. Banyak dari mereka tidur di alun-alun kota atau di jalan.

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan