FJPP

Waspada, Stroke Menyerang Anak Muda

MONITORRRIAU.COM – Selama ini banyak yang menganggap bahwa penyakit stroke hanya menyerang orang tua. Sehingga tak jarang mereka yang masih di usia muda menyepelekan faktor risikonya, karena menanggap bahwa dirinya tak akan terkena stroke. Tapi benarkah stroke hanya menyerang orang tua?

Menurut, dokter spesialis saraf Rumah sakit Evasari Awal Bros, Dr Andira Larasari, SpS, itu merupakan mitos dan anggapan yang keliru. Laras mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun belakangan stroke justru makin banyak menyerang anak muda. 

"Jadi paling sering sekarang juga banyak anak muda yang terkena stroke. Ini bisanya karena gaya hidup, biasanya itu stroke perdarahan," kata Laras kepada VIVA di Jakarta. 

Ia menjelaskan, stroke sendiri merupakan kondisi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). 

Dia memaparkan, dalam sejumlah kasus, memang terdapat faktor risiko yang tidak bisa diubah seperti misalnya jenis kelamin, faktor genetik dan juga faktor usia. 

Namun, kembali menekankan bahwa ada faktor risiko yang bisa diubah, yakni gaya hidup. Beberapa di antaranya dengan mengubah pola makan dan juga menambah aktivitas fisik atau olahraga. 

"Yang bisa diubah itu kurangi kolesterol dari makanan junk food, kemudian juga kurangi merokok, dan juga minum alkohol," kata dia.*** (viva)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan