Daerah

122 Taruna Akademi Angkatan Laut Berkunjung ke Dumai Bersama Dua Kapal Perang

DUMAI (MR) - Sebanyak 122 Taruna AAL yang sedang mengikuti Satuan Latihan (Satlak) Praktek Jalayudha Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-64 Tahun 2018 tiba di Dermaga A Pelindo I Cabang Dumai pada Senin (12/11/2018).

Kedatangan ratusan taruna AAL tingkat IV diangkut menggunakan dua kapal perang, yakni, KRI Teluk Banten dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma. 

Kehadiran mereka pun disambut langsung oleh Pjs Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai KolonelLaut (P) Agung Jaya Saktika didampingi Forkompimda Dumai sekitar Pukul 07.30 WIB.

Setelah penyambutan oleh Pjs Danlanal Dumai di dermaga A Pelindo I Cab Dumai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Walikota Dumai Zulkifli AS di gedung Media Center Jalan Putri Tujuh Dumai dilanjutkan makan siang bersama.

Pada kesempatan itu Walikota menyempatkan diri menyampaikan profil dan visi misi Kota Dumai serta berdialog langsung bersama para peserta Latihan Praktek Pelayaran Jalayudha Taruna AAL Tingkat IV Angkatan 64 Tahun 2018 yang juga dihadiri Pjs Danlanal Dumai beserta jajarannya.

Kedatangan Taruna AAL ke Dumai guna melaksanakan latihan praktek pelayaran Jalayudha.

Sebelum ke Dumai, para Taruna menempuh perjalanan dari Surabaya dan Lampung, selanjutnya ke Dumai. Dari Dumai para Taruna akan menuju Ranai, Palembang dan kembali ke Surabaya, mereka akan menempuh perjalanan selama 30 hari dengan menggunakan KRI Abdul Halim Perdanakusuma nomor lambung 355 dan KRI Teluk Banten nomor lambung 516.

Komandan Satgas Perwira Pelaksana Latihan Jala Yudha 2018 Letkol Laut (P) Filda Malari menjelaskan, latihan ini merupakan latihan tingkat akhir selama menjalani pendidikan di Akademi Angkatan Laut, para Taruna/Taruni akan melaksanakan berbagai peran di kapal perang termasuk menyelesaikan bujuntugas AAL.

Lanjutnya, selama perjalanan mereka akan bertugas sebagai asisten perwira jaga darat dan jaga laut serta memahami peran, fungsi dan tanggung jawab departemen sesuai korps masing-masing. 

Sedangkan untuk Taruna Korps Marinir diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam latihan raid amfibi dan latihan taktik operasi darat.

"Kunjungan Taruna ke Dumai ini perjalanan etape kedua setelah dari Lampung. Di Dumai, kegiatan akan dilaksanakan sampai 16 November 2018," sebutnya.

Selama di Dumai, Taruna AAL akan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Pemerintahan, mengunjungi objek wisata, dan melaksanakan kegiatan sosialisasi, mengunjungi beberapa sekolah di Dumai, Kirab kota dengan pertunjukan Drumband dan kegiatan lainnya.

Sementara, Walikota Dumai H Zulkifli AS menyambut gembira kedatangan para Taruna AAL di Kota Dumai.

"Selamat datang ke Kota Dumai. Saya atas nama Pemko Dumai menyambut gembira kedatangan Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-64 Tahun 2018," tutur Zul As.

Walikota merasa bangga, karena Dumai terpilih menjadi pusat pelatihan  pelayaran Jalayudha bagi 122 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan 64 Tahun 2018.

"Saya berharap, apa yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Pemerintah Kota Dumai akan mensuport kegiatan para Taruna AAL di Kota Dumai," tukasnya.***

 

 

Penulis: Hendry Koeswoyo




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan