Lingkungan

Demi Keselamatan, PT. CPI Bersihkan Area Sekitar Jaringan Pipa Migas

DUMAI (MR) - PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI), selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, akan melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa penyalur migas di Kecamatan Bukit Kapur, Dumai.

’’Berdasarkan hasil inspeksi terakhir dan kajian tim teknis internal, kami telah mengidentifikasi sejumlah titik yang memerlukan perawatan dan perbaikan segera. Langkah proaktif ini terutama ditujukan untuk meminimalisasi risiko terhadap keselamatan masyarakat dan perlindungan lingkungan di sekitar jaringan pipa migas,’’ jelas Suparni selaku Manager Comprehensive Pipeline Maintenance (CPM) Support PT. CPI pada Kamis (15/11/2018).

Di lapangan, terdapat sejumlah pondok semi–permanen yang berdiri tepat di atas pipa penyalur migas. Kondisi tersebut berisiko tinggi terhadap keselamatan para penghuni atau pengguna pondok tersebut. Pihak PT. CPI telah berkomunikasi dengan pemilik bangunan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk menertibkan pondok-pondok semi-permanen tersebut. Setelah di Dumai, pekerjaan perawatan dan perbaikan pipa akan dilanjutkan ke titik-titik lain di sepanjang jalur pipa penyalur migas.

Kondisi saat ini, banyak bangunan dan perlintasan kendaraan tak resmi yang dibuat dengan cara menimbun pipa tanpa memperhatikan faktor keselamatan dan kondisi pipa terdekat.

’’Kalau pipa terus-menerus dilindas kendaraan, ini sangat berisiko bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,’’ jelas Suparni.

Dalam beberapa kejadian, pipa migas terkoyak akibat dilindas atau ditabrak kendaraan berat. Keberadaan dan kelancaran operasi migas memberikan kontribusi penerimaan keuangan daerah melalui Dana Bagi Hasil Migas. Sesuai peran masing-masing, sinergi PT. CPI, pemerintah daerah, dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan investasi hulu migas dan menjaga iklim usaha tetap positif.

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi Chevron di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com.***

 

 

Penulis: Hendry Koeswoyo




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan