Lingkungan

Peringati Tiga Hari Besar, Tembakul Gelar Sosialisasi dan Penanaman Pohon di TWA Sungai Dumai

DUMAI (MR) - Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Pohon Nasional, Tembakul (Teman Bermain dan Berkumpul) menggelar beragam kegiatan di BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Dumai.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (24-25/11/2018) diantaranya, Camping bersama, sosialisasi lingkungan, sosialisasi organisasi dan penanaman pohon di halaman BKSDA Dumai serta di pinggiran Sungai Dumai.

"Tembakul ini adalah perkumpulan organisasi yang peduli lingkungan. Jadi ada 7 organisasi yang saat ini tergabung di dalam Tembakul. Tidak hanya organisasi yang ada di Kota Dumai, tapi ada dari Kota Duri dan Kabupaten Bengkalis," ungkap Ketua Pelaksana Eko Satrio Purnomo kepada wartawan, Minggu sore (25/11/2018).

Kegiatan tiga hari besar ini mengangkat tema "Menanamkan Jiwa Peduli Lingkungan Terhadap Anak".

"Saya berharap organisasi yang tergabung di dalam Tembakul ini semakin kompak dan solid serta semakin banyak kegiatan - kegiatan yang dapat dilaksanakan," harap Eko.

Pantauan dilapangan, pembukaan acara yang telah dimulai pada Sabtu (24/11/2018) diisi tiga narasumber, diantaranya, dari BKSDA Dumai, Titin yang menjelaskan tentang susunan organisasi BKSDA serta tugas, pokok dan fungsinya.

"Mewakili Kepala Kantor, saya mengucapkan terima kasih kepada adik - adik semua yang bersedia mengadakan acara di BKSDA Dumai, guna mengetahui konservasi itu apa dan menyambung hari pohon sedunia dan hari menanam pohon," ucapnya.

Selanjutnya dari Bank Sampah Berlian Dumai, Isnaini yang menjelaskan tentang konsep bank sampah yang juga bisa menghasilkan uang.

"Sampah kita yang bikin, mari kita juga turut menguranginya," ajak Isnaini yang juga Dosen di STIA Lancang Kuning, Dumai.

Kemudian dari Pecinta Alam Bahari (PAB) Dumai, Darwis Moh. Saleh yang menjelaskan tentang kelestarian lingkungan.

"Kunci dari peduli terhadap kelestarian lingkungan yakni cinta dengan tulus, cinta dengan ikhlas," ungkap Darwis yang merupakan kader konservasi terbaik nasional tahun 2014.

Usai penyampaian dari narsumber, kegiatan pun dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar BKSDA Dumai oleh para narasumber dan juga organisasi yang tergabung dalam Tembakul.

Setrlah itu, sosialisasi dari masing - masing oraganisasi yang tergabung dalam Tembakul. Kemudian malam harinya dilaksanakan Pentas Seni dan pada Minggu (25/11/2018) dilanjutkan penanaman pohon di pinggiran TWA Sungai Dumai.

"Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar, tanpa kendala apapun. Tak lupa ucapan terimakasih saya sampaikan teman-teman atas partisipasinya dalam kegiatan 24-25 november 2018 ini. Semoga kedepannya kita bisa bersama membuat kegiatan positif lainnya. Aamiin," imbuh Nita selaku Sekretaris Panitia. (*)

 

Penulis: Dika CP




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan