FJPP

Hati-Hati Banyak Termos Murahan yang Berbahaya, Cek 3 Hal Ini Dulu Sebelum Membeli

MONITORRIAU.COM - MINUM segelas kopi hangat di udara yang dingin memang sangat nikmat. Tapi, padatnya pekerjaan di kantor kadang membuat Anda tidak sempat untuk membuat segelas kopi.

Cara paling praktis adalah, membuatnya di rumah, lalu menyimpannya di sebuah termos, agar tetap hangat saat Anda tiba di kantor. Tapi, terkadang termos yang kita gunakan rusak, sehingga harus kopi hangat kita malah menjadi dingin.

Pasalnya, saat ini telah banyak beredar merek dan produk botol termos yang berbahaya di pasar, dilansir dari Yerbamateblog barang yang paling banyak diimpor dari China ini mudah sekali rusak dan ketahanan korosinya melemah karena air panas.

Dalam waktu singkat, kotoran yang ada dalam botol termos dipindahkan menuju air yang semula bersih, mengakibatkan risiko penyakit bermunculan. Di Brasil, Uruguay, dan Argentina, produksi dari botol termosnya sudah dilarang, namun masih saja beredar karena tingkat keamanan yang rendah.

Racun yang dihasilkan dalam botol termos ini sangat tidak cocok bila bertemu dengan makanan, khususnya air. Karena racun ini mengandung tembaga, nikel, merkuri, dan masih banyak bahan kimia yang seharusnya tidak masuk ke dalam tubuh.

Apalagi, botol termos juga sering digunakan oleh anak-anak dan dapat membahayakan karena bisa menyebabkan gangguan saraf, ketidaklancaran dalam berbicara, serta masalah pencernaan. Selain anak-anak, orang dewasa juga mesti waspada dengan adanya hipertensi, melemahnya sistem otot, pusing, impotensi, dan gangguan ginjal.

Lantas, bagaimana mengidentifikasi botol termos yang berbahaya di rumah Anda?

Cobalah melihat bagian dalam dari botol. Bila dalamnya terlihat seperti jahitan, kemungkinan besar merupakan botol berkualitas rendah. Botol termos yang baik bentuk dalamnya seperti tabung yang tidak bersekat.

Cara lainnya, cobalah tempelkan magnet ke arah botol Anda. Bila magnet itu menempel, dipastikan bahan utama dari termos tersebut bukan dari aluminium dan berisiko beracun. Besi yang berkualitas tinggi akan menolak magnet tersebut.

Sebelum salah memilih botol termos, timbangkan hal berikut harga, segel, permukaan dalam, dan tes magnet seperti yang dijelaskan sebelumnya. Botol termos yang baik akan bertahan selama beberapa tahun. Nah, jangan hanya pilih yang murah tanpa kualitas ya.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan