Riau

Jemaah Haji Kabupaten Pelalawan Tiba di Mesjid Bir Ali Langsung Miqat dan Mengenakan Ihram Untuk Umr

PANGKALANKERINCI (MR) - Jemaah Haji Indonesia asal Kabupaten Pelalawan, Riau, yang saat ini lagi berada di Madinah, Senin 22 Juli 1019, pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS) mulai bergerak ke Mekah untuk melaksanakan Umroh. 

Demikian disampaikan Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Syahrul Syarif melalui sambungan seluler WA dari Medinah, Minggu (21/7).

Kata Syahrul, dalam perjalanan melaksanakan umroh, para jemaah haji akan singgah di Mesjid Bir Ali yang terletak 11 kilometer dari Masjid Nabawi, tepatnya sebelah barat Lembah Aqiq.

"Di Masjid Bir Ali para jemaah akan melakukan miqat dan mengenakan kain ihram untuk melaksanakan umroh. Diperkirakan selepas ashar akan tiba di Mekah untuk melaksanakan umroh," ujar Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan ini.

Dikatakannya lagi, Lokasi ini merupakan saksi bisu perjalanan haji Rasulullah Muhammad SAW. 

"Di Masjid Bir Ali ini dulunya yang masih merupakan padang tandus, ada sebatang pohon. Disanalah, Rasulullah berteduh sambil melakukan miqat dan menggenakan kain ihram untuk berniat melaksanakan umroh," ucap Syahrul.

Peristiwa inilah yang akan diikuti oleh jemaah haji di seluruh dunia tiap tahun. Di masjid ini, jemaah haji akan meniatkan diri untuk berumroh wajib dan menjalankan sholat ihram.

Usai singgah di Masjid Bir Ali, para tamu Allah akan melanjutkan perjalanan ke Mekah. Jarak Bir Ali ke Mekah sekitar 450 kilometer. (Ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan