Daerah

Distanak Sarankan Jangan Gunakan Kantong Plastik Hitam

Ilustrasi

PEKANBARU (MR) - Menjelang Hari Raya Idul Adha Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru mengingatkan kepada panitia kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik (Kresek) berwarna hitam saat pembagian daging kurban usai penyembelihan.

Panitia kurban disarankan menggunakan kantong plastik berwarna putih jika ingin membungkus daging yang akan didistribusikan kepada masyarakat.

Sekretaris Distanak Kota Pekanbaru, drh Firdaus, menegaskan hindari penggunaan kantong plastik warna hitam sebagai pembungkus karena bisa mengontaminasi daging kurban.

Kantong plastik warna hitam, jelasnya, mengandung zat-zat berbahaya. Umumnya, kresek berwarna hitam merupakan hasil daur ulang limbah kimia plastik yang dapat bersifat karsinogenik dan merangsang tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

“Pakailah kantong plastik yang aman digunakan, yakni jenis plastik foodgrade. Umumnya, berwarna jernih seperti plastik yang biasa untuk membungkus makanan berkuah,” katanya, Jumat (9/8/2019).

Kata Firdaus, larangan menggunakan kantong kresek berwarna hitam sudah dikordinasikan dengan Kementerian Agama (Kemenag) Pekanbaru melakukan pendampingan ke setiap masjid dan musala ketika hewan kurban dipotong. Terutama, sambungnya, untuk melihat jeroan yang ada pada sapi atau kambing.

“Kalau ditemukan jeroan yang mengandung penyakit berbahaya seperti cacing dan lainnya, akan kami larang untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Masih kata Firdaus, pihaknya juga telah menurunkan tim kesehatan untuk pemeriksaan hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan. Pemeriksaan hewan kurban sebelum dipotong ini ditempuh untuk memastikan kelayakannya. Hewan yang dari ciri fisiknya tidak sehat, tentu disarankan untuk tidak dipotong.

“Selain itu kami juga membuka posko pengaduan terhadap kesehatan hewan kurban. Diantaranya Pusat Kesehatan Hewan Rumbai yang terletak di Jalan Pramuka, Rumah Potong Hewan (RPH) Panam di jalan Cipta Karya, Pusat Kesehatan Hewan Kulim di Jalan Pesantren dan Dinas Peternakan Pekanbaru,” pungkasnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan