Food & Traveler

Riset Terbaru, Terungkap Cara Turunkan Kolesterol Daging Ayam

MONITORRIAU.COM - Daging ayam pedaging atau lebih dikenal dengan ayam broiler, menjadi salah satu pilihan makanan bagi kebanyakan orang. Padahal, ayam tersebut mengandung kolesterol.

Berdasarkan hasil riset, guna menghindari bahaya kolesterol pada ayam broiler, bisa ditambahkan minyak atsiri daun cengkeh (syzygium aromaticum, Fam. Myrtaceae). Minyak tersebut dapat menurunkan lemak abdominal dan kolesterol daging pada ayam broiler umur enam minggu.

Pernyataan ini diutarakan oleh M. Tahir, S.Pt.,MP, dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako, dalam risetnya, seperti dikutip Jumat (3/1/2020).

Riset tersebut mengungkap tentang penggunaan minyak atsiri daun cengkeh sebagai aditif dalam pakan ternak ayam broiler. Tahir tercatat sebagai mahasiswa program Doktor di Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB). Riset tersebut dilakukan bersama dosen pembimbing Prof. Siti Chuzaemi, Dr. Eko Widodo, dan Dr. Hafsah.

Penelitian yang menggunakan sampel 24 ekor ayam broiler umur enam minggu ini, dilakukan melalui beberapa tahapan, seperti pada tahap awal dilakukan evaluasi daya hambat eugenol terhadap bakteri Esherichia coli, Salmonella sp, dan Lactobacillus sp.

Selanjutnya mengevaluasi penambahan minyak atsiri daun cengkeh sebagai aditif dalam pakan terhadap energi metabolis serta kecernaan bahan kering dan protein pakan ayam broiler. Pada tahap akhir mengevaluasi performan dan kualitas karkas ayam broiler yang diberi pakan dengan penambahan minyak atsiri daun cengkeh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan eugenol minyak atsiri daun cengkeh dengan konsentrasi 0.25% dan penggunaan 2,25%, dapat menghambat secara total pertumbuhan Esherichia coli dan Salmonella sp. Serta menurunkan bahkan menghambat populasi bakteri Lactobacillus sp. pada konsentrasi 1,75%.

Kesimpulannya penggunaan minyak atsiri daun cengkeh sebesar 12.54 gram per kilogram dalam pakan memberikan pengaruh yang terbaik terhadap performan produksi serta kualitas karkas dan daging pada ayam broiler.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan