Riau

Bupati Amril: LAMR Berperan Besar dalam Pembangunan

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Senin (19/12/2016) menyerahkan aplikasi SISKEUDES dan pagu indikatif dana transfer yang akan diterima desa pada tahun anggaran 2017, kepada Kepala Desa se-Kabupaten Bengkalis.

BENGKALIS (MR) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Senin (19/12/2016) menyerahkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dan pagu indikatif dana transfer yang akan diterima desa pada tahun anggaran 2017, kepada Kepala Desa se-Kabupaten Bengkalis.

Penyerahan dilakukan sebelum pembukaan Pelatihan Lembaga Kemasyarakatan Desa bagi pengurus LAMR desa/kelurahan. Dikatakan Amril, aplikasi SISKEUDES merupakan perangkat lunak yang telah disiapkan dan diberikan secara gratis oleh Badan Pemeriksa Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) untuk membantu memudahkan desa dalam pengelolaan keuangan desa, mulai dari proses perencanaan, penatausahaan keuangan sampai dengan pelaporannya.

“Setelah menerima aplikasi dan transfer dana desa ini, kami instruksikan kepala desa untuk diimplementasikan secara penuh oleh seluruh desa dalam mengelola APB-desa tahun 2017,” ujar Amril.

Dana transfer yang akan diterima masing-masing desa pada tahun anggaran 2017 terdiri dari dana desa yang bersumber dari APBD dan APBN, Alokasi Dana Desa (ADD) dan bagian hasil pajak dan retribusi desa besarannya berkisar antara Rp.2,5 miliar Rp.4,5 miliar untuk masing-masing desa.

“Penyampaian pagu indikatif dana transfer ke desa ini merupakan yang tercepat dari tahun sebelumnya. Biasanya tahun anggaran sdh berjalan baru disampaikan ke desa, tapi saat ini disampaikan sebelum tahun anggaran berkenaan. Oleh karena itu sudah seharusnya pula ditindaklanjuti oleh seluruh desa dengan segera menetapkan APB-desa masing-masing. Dengan demikian diawal tahun sudah dapat dilaksanakan dan cepat dinikmati masyarakat hasilnya,” ungkap Amril.

Amril Mukminin juga mengingatkan kepada Kepala Desa maupun Penjabat Kepala Desa, agar terus menjaga kekompakan di masyarakat, terlebih-lebih bagi desa yang bakal melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada tahun 2017 ini, serta diharapkan untuk gencar melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Tampak hadir Ketua LAMR Provinsi Riau Al-Azhar Kapolres Bengkalis diwakili Wakapolres Kompol Dhana Ananda Saputra, Dandim Bengkalis diwakili Kasrem Ricad Harisab, Kepala Kemenag Bengkalis Jumari, Kepala BMPD Ismail, sejumlah Kepala Dinas Badan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat se-Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bengkalis serta tokoh masyarakat Kabupaten Bengkalis.*** (Humas)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan