Dengan Tema Penggunaan media pembelajaran dalam jaringan

Tim Kukerta Balek Kampung UNRI Sosialisasikan Program Literasi

PEKANBARU (MR) -  Tim Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau (UNRI) melaksanakan sosialisasi dengan mengangkat tema penggunaan media pembelajaran dalam jaringan guna mempermudah para siswa/i di Kelurahan Sungaisibam, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, pada hari Sabtu (10/04/2021) yang lalu. 

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. 

Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), aplikasi Zoom, Google Meet, dan Google Classrom, ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran.

Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun berada di tempat yang berbeda.

Tim Pengabdian Kukerta Balik Kampung UNRI melaksanakan sosialisasi serta melakukan praktek kepada siswa/i dengan penjelasan yang mudah dipahami. 

Bagi para siswa/i  yang belum memahami penggunaan aplikasi pembelajaran dapat bertanya kepada Tim Kukerta Balik Kampung UNRI, sehingga para Tim Kukerta dapat membantu siswa/i hingga benar- benar memahami penggunaan aplikasi pembelajaran daring.

Dengan program sosialisasi ini, Tim Kukerta Balek Kampung UNRI berharap agar para siswa/i yang hadir dapat memperoleh kemudahan dalam penggunaan aplikasi WhatsApp, Zoom, Google Meet, dan Google Classroom. 

Penggunaan aplikasi daring merupakan solusi yang efektif dalam pembelajaran di rumah guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru, siswa, orangtua siswa dan pihak sekolah agar pembelajaran daring lebih efektif.

Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu seiring dengan new normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang saling berinteraksi langsung. (Rls) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan