Teknologi

Penerapan ATCS, Dishub Dumai Studi Banding ke Dishub Denpasar

Wali Kota Dumai H. Paisal saat memberikan sambutan dalam studi banding ke Dishub Denpasar terkait penerapan ATCS

DENPASAR (MR) - Selasa (26/10/2021), Wali Kota Dumai H. Paisal SKM MARS didampingi Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai melaksanakan Studi Banding ke Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Bali terkait pengelolaan/ penerapan Area Traffic Control System (ATCS).

Studi Banding yang dilakukan yakni untuk melihat seperti apa pengelolaan ATCS di Kota Wisata tersebut.

Kedatangan orang nomor satu di Kota Dumai di Dishub Kota Denpasar disambut langsung oleh Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Sriawan diwakili Kabid Prasarana Dewa Adi dan Kabid Dal Ops Wayan Tagel.

ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

“Apa yang kita lihat barusan (ATCS,red) milik Dishub Denpasar tentunya suatu perkembangan teknologi yang sangat baik dan mempermudah kinerja Dishub dalam mengatur lalu lintas. Jadi ini perlu kita contoh. Semoga ilmu yang di dapat rekan - rekan Dishub Kota Dumai setelah melihat ATCS tadi bisa segera diterapkan di Kota Dumai,” harap Wali Kota Dumai.

Plt. Kepala Dishub Kota Dumai Said Effendi mengucapkan terima kasih atas sambutan dan sharing tentang pengelolaan ATCS milik Dishub Kota Denpasar.

“Kita sendiri (Dishub Kota Dumai,red) sudah memiliki Kamera CCTV yang telah dipasang di persimpangan-persimpangan lampu merah. Hanya saja pengelolaannya belum maksimal seperti di Dishub Denpasar, karena kita masih kekurangan SDM yang berkompeten di bidangnya serta anggaran yang terbatas,” beber Said Effendi.

Sementara, Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Sriawan diwakili Kabid Prasarana Dewa Adi menyambut baik studi banding yang dilakukan oleh Dishub Kota Dumai yang dipimpin langsung Wali Kota Dumai.

“Seperti inilah kondisi pusat kendali ATCS Kota Denpasar. Melalui pusat kendali ATCS ini tentunya kita bisa melihat langsung seperti apa kondisi lalu lintas Kota Denpasar dan tentunya sangat memudahkan petugas kita dalam mengatur lalu lintas,” ujar Dewa Adi.

“Dari 64 persimpangan yang ada di Kota Denpasar, sebagian besar persimpangan diatur langsung oleh ATCS Kota Denpasar,” imbuhnya.

Kegiatan studi banding Dishub Kota Dumai ke Dishub Kota Denpasar diakhiri dengan foto bersama sekaligus penyerahan Plakat oleh Plt. Kadishub Kota Dumai Said Effendi yang diterima Kabid Prasarana Denpasar Dewa Adi. 

Turut serta mengikuti studi banding Kabid Prasarana Dishub Dumai Vera Chynthiana, Kabid Pengkes Dishub Dumai Okto Permadi, beserta rombongan.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan