Food & Traveler

Sempat Tutup 3 Tahun, Maya Bay Thailand Buka Kembali

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Thailand membuka kembali Maya Bay per Januari 2022 setelah sempat ditutup selama tiga tahun.

Pantai pasir putih ini populer lewat film The Beach (2000) yang dibintangi Leonardo DiCaprio. Penutupan Maya Bay dilakukan untuk memulihkan ekosistemnya setelah terkena dampak kunjungan ribuan orang setiap harinya.

Namun, melansir Reuters, sejak awal tahun 2022, beberapa pengunjung sudah diperbolehkan kembali.

"Hiu-hiu sudah kembali, terumbu karang tumbuh kembali, dan air juga menjadi jernih kembali," ungkap Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand, Yuthasak Supasorn kepada Reuters.

"Ini menunjukkan bahwa alam akan pulih setelah kita memberinya waktu jeda dan kita juga harus berusaha untuk menjaganya."

Untuk memastikan Maya Bay tetap terlindungi, Maya Bay akan membatasi hingga 375 pengunjung pada satu waktu. Selain itu, aktivitas berenang juga masih dilarang untuk saat ini.

Kapal hanya diizinkan berlabuh di lokasi yang ditentukan, yakni di belakang teluk, untuk menghindari kerusakan terumbu karang.

Adapun Maya Bay dikelilingi oleh tebing setinggi 100 meter dan berlokasi di pulau Phi Phi Leh di Laut Andaman. Pantai ini hanya bisa diakses dengan perahu dari tempat terdekat, seperti Pulau Phuket atau daratan Krabi.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, pariwisata di kawasan ini menyumbang sekitar 12 persen dari ekonomi Thailand dan merupakan pendorong utama pertumbuhan pariwisata. Adapun pada 2019, total wisatawan yang datang ke Thailand mencapai 40 juta orang.

Sayangnya, pariwisata massal juga membawa dampak buruk lingkungan di Thailand dan bagian lain Asia Tenggara yang memiliki pantai tropis indah, seperti area pantai menjadi tercemar dan dipenuhi sampah".*** (KOMPAS.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan