Food & Traveler

Unik! Gadis Ini Bikin Kreasi Nasi Liwet Asap di Oven Pakai Arang Kelapa

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Nikmatnya liwetan dengan lauk yang diasap mungkin sudah biasa disantap. Namun, apa jadinya kalau sajian nasi liwet justru ikut diasap?

Kreasi unik Nasi Liwet Asap ini dihadirkan oleh Jihan Nararya, gadis 18 tahun peserta Kreasi Liwetan Vol.2 bersama ABC Sambal Nusantara yang digelar PT Heinz ABC bekerja sama dengan detikcom. Nara bersama sang Tante, Yulie berkolaborasi menghadirkan kreasi Nasi Liwet Asap dalam tim bernama Teman Baik Kamu.

Dalam ajang Grand Final Kreasi Liwetan Vol.2 bersama ABC Sambal Nusantara secara virtual melalui detikcom pada Sabtu (22/1), Nara menjelaskan tak hanya kreasi nasi liwetnya saja yang melalui proses pengasapan. Beberapa lauk pendamping pun ikut diasap sehingga sajian liwetannya memiliki cita rasa smoky yang beda daripada lainnya.

"Saat nasi liwetnya sudah matang kita bungkus daun pisang lalu diasap. Proses pengasapannya ini (dilakukan) di oven yang ada arang kelapanya. Dioven asap selama 10 menit nasi liwetnya," jelas Widi dalam Grand Final Kreasi Liwetan bersama Vol.

Selain itu, ia juga melakukan proses pengasapan pada sajian Lidah Sapi Sambal Ijo yang menjadi signature dish dari liwetan buatannya. Diketahui, signature dish berupa Lidah Sapi ini merupakan tantangan yang diberikan oleh PT Heinz ABC bekerja sama dengan detikcom.

"Lidahnya diasap juga di oven yang sama, lalu ditambahkan tomat dan cabai rawit. Untuk cita rasa pedasnya, kita pakai ABC Sambal Nusantara Sambal Hijau," ungkapnya.

Selain itu, Nara dan Yulie pun menambahkan sajian sambal goreng kentang campur pete dan teri untuk melengkapi liwetan buatannya. Adapun cita rasa teri pada sambal goreng kentang ini dihadirkan dengan menggunakan ABC Sambal Nusantara varian Sambal Teri Khas NTT yang memiliki kepedasan level 4.

Selain itu, lanjut Nara, ada juga ayam asap dengan cocolan Sambal ABC Kecap Pedas yang ditambahkan jeruk dan bawang goreng.

"Lalu buat mengganti ikan asin, pakai cumi asin yang digeprek. Digoreng dulu lalu digeprek dan dikasih ABC Sambal Nusantara Sambal Geprek," tutur Nara.

Tak lupa, sajian liwetan ini dilengkapi dengan tahu dan tempe goreng serta lalapan sebagai tambahan. Tidak ketinggalan, Nara menyajikan cocolan dari ABC Sambal Nusantara Sambal Terasi ditambah kecombrang untuk menu pelengkapnya ini serta tambahan kerupuk yang menambah sensasi kriuk.

Sajian Nasi Liwet Asap yang unik buatan Tim Teman Baik Kamu ini meraih predikat Juara 2 dalam Kreasi Liwetan Vol.2 bersama ABC Sambal Nusantara, sehingga Nara dan Yulie berhak mendapatkan hadiah senilai Rp 10 juta.

Chef Steby yang menjadi salah satu juri dalam ajang ini menilai kreasi unik buatan Nara dan sang tante sudah cukup oke dan juga cerdik karena pengasapannya menggunakan daun pisang supaya tidak lengket.*** (detik.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan