Food & Traveler

Resep Abalone Tumis Harum, Olahan Seafood Simpel

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Keberadaan abalone masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia karena jarang ditemukan di pasaran. Biasanya abalone dihidangkan di beberapa restoran China.

Selain jumlahnya yang sedikit, harga abalone pun mahal, sehingga hidangan berbahan dasar abalone biasanya hanya dimasak oleh koki yang sudah ahli di bidangnya.

Namun, apabila kamu menyimpan abalone di rumah dan tidak tau bagaimana cara mengolahnya. Berikut resep abalone tumis harum dari laman SBS yang bisa dicoba. Kamu juga bisa mengolah abalone kalengan yang banyak dijual online dengan resep ini. 

Resep abalone tumis harum

Bahan abalone tumis:

  • 50 ml minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih (iris halus)
  • 1 buah cabai merah besar (buang bijinya dan iris halus)
  • 1 cabai hijau besar (buang bijinya dan iris halus)
  • 1 buah lemon (peras airnya)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 2 abalone utuh (bersihkan)

Cara membuat abalone tumis harum:

1. Iris tipis daging abalone dengan ketebalan 0,1 sampai 0,2 sentimeter, lalu pukul ringan daging abalone menggunakan bagian belakang sendok guna melunakkan tekstur abalone.

2. Siapkan mangkuk berukuran sedang, kemudian masukkan minyak zaitun, bawang putih, cabai, perasan jeruk lemon, garam, dan merica ke dalam mangkuk. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Campurkan daging abalone dengan bumbu yang ada di dalam mangkuk, kemudian biarkan abalone dimarinasi selama 30 menit. 

4. Panaskan wajan anti lengket menggunakan api besar, lalu tuang abalone dan bumbu marinasi ke dalam wajan. Tumis selama dua sampai tiga menit. 

5. Hati-hati saat menumis abalone, kandungan air yang ada di dalam daging bisa menimbulkan cipratan ketika menyentuh wajan panas. 

6. Abalone tumis harum siap disajikan."*** (KOMPAS.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan