Food & Traveler

Cara Simpan Petis Udang agar Tidak Berjamur dan Berubah Rasa

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - Banyak masakan khas Jawa Timur terutama Surabaya yang menggunakan petis sebagai bumbu masakan. Kalau kamu sedang ingin membuat aneka menu makanan Jawa Timur seperti lontong balap.

Kamu perlu membeli petis atau mengikuti cara membuat petis rumahan. Kalau sudah mendapatkan petis udang, baiknya kamu menyimpan petis dengan benar agar bisa digunakan kembali.

Simak cara menyimpan petis udang agar tidak berjamur atau rasanya berubah menjadi asam, mengikuti penjelasan dari pemilik usaha petis di Gresik ini.

Cara simpan petis udang

Melalui sambungan telepon, Faizul Mubarok selaku pemilik usaha Petis Maju Tresno di Gresik menjelaskan kalau petis udang bisa disimpan dimana saja.

“Kalau menurut saya itu cara simpan petis udang agar tahan lama yang penting higienis gitu. Misalnya saja, tidak boleh kena sinar matahari langsung, tidak boleh kena percikkan air.” jelasnya kepada Kompas.com pada Rabu (09/02/2022).

Selain itu, Faizul juga menambahkan kalau saat menggunakan petis sebisa mungkin untuk menggunakan sendok bersih dan tidak tercampur dengan bahan masakan lainnya.

“Itu sendok untuk ngambil petis udangnya juga tidak boleh kotor atau tercampur dengan bahan lainnya.” tuturnya.

Dalam penuturannya, Faizul juga menambahkan kalau ada pelanggannya yang bercerita menyimpan petis produksinya hingga satu tahun lamanya.

“Itu ada pelanggan saya, beli petis di saya, trus disimpan sampai satu tahun. Itu karena petisnya masih enak dan enggak kenapa-kenapa. Caranya, disimpan di kulkas.” ungkapnya."*** (KOMPAS.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan