Food & Traveler

2 Cara Simpan Kerang Bercangkang di Dalam Freezer agar Tidak Bau

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - Daging kerang yang berada di dalam cangkang akan segera disiapkan setelah dibawa oleh nelayan dari laut agar masih terasa segar.

Jika kerang cepat diolah dan dibiarkan terkena udara, maka daging akan membusuk dengan cepat karena mengalami oksidasi.

Selain menyediakan khusus daging kerang, usaha ikan segar Aiting Seafood juga menyediakan kerang yang masih bercangkang.

Pengelola bidang operasional Aiting Seafood Putri Yoga Presswari mengatakan agar kerang tidak bau dan tahan kama, kerang bercangkang di Aiting Seafood dijual dalam keadaan beku.

Putri mengatakan penyimpanan kerang bercangkang pun tidak boleh sembarang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan kerang di dalam freezer. 
1. Simpan pakai plastik vakum
Serupa dengan penyimpanan khusus daging kerang, kerang bercangkang dapat disimpan di dalam kemasan plastik sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

"Plastiknya divakum, karena kalau makanan yang disimpan dalam keadaan beku harusnya memang tidak ada udara di dalamnya, bakal lebih awet," kata Putri saat ditemui oleh Kompas.com di studio Foodplace pada Senin (9/5/2022).

2. Simpan dalam keadaan masih hidup
Syarat utama agar kerangka bercangkang bisa tahan lama dan tidak bau harus dimasukkan ke dalam freezer dalam keadaan masih hidup.

Putri mengatakan jika kerang yang disimpan sudah mati, maka kerang cepat sudah mengalami oksidasi sebelum proses pembekuan. 

Penyimpanan kerangka bercangkang di dalam freezer dalam keadaan masih hidup dapat bertahan selama kurang lebih dua bulan.

Namun, Putri disarankan untuk segera mengolah kerang jika dibeli dalam keadaan segar, agar kualitas dari kerang segar tidak berkurang saat dimasak.

"Sebaiknya segera diolah, karena sayang saja soalnya dibeli karena segar," ujar Putri."*** (KOMPAS.com)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan