Teknologi

Said : SAKTI Menggunakan QRIS BRK Permudah Pembayaran Retribusi KIR

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai Said Effendi saat memberikan sambutan pada Launching Aplikasi SAKTI di UPT, Pengujian Kendaraan Bermotor

DUMAI (MR) – Untuk mempermudah melakukan Pembayaran Retribusi Uji KIR Kendaraan Bermotor di UPT. Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) secara non tunai, Dinas Perhubungan (Dishub) kota Dumai miliki Sistem Aplikasi Terintegrasi (SAKTI) menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank Riau Kepri (BRK).

“Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan Pembayaran Retribusi Uji Kendaraan Bermotor di UPT. PKB secara non tunai,” terang Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai Said Effendi kepada monitorriau.com baru – baru ini.

Dan aplikasi ini dibuat agar masyarakat khususnya Kota Dumai bisa dengan mudah melengkapi izin uji kendaraan mereka secara online dan melakukan pembayaran secara non tunai.

 “Terima kasih kepada seluruh rekan – rekan di UPT. PKB, para tim IT yang berkerja siang dan malam untuk menyelesaikan aplikasi ini, juga terima kasih kepada pihak Bank Riau Kepri khususnya tim IT yang telah bekerjasama untuk memberikan akses host to host kepada kami agar melengkapi kesempurnaan aplikasi non tunai,” sebut Said.

Menurutnya, selama lebih dari tiga tahun kebelakang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di UPT. PKB ini masih minim dan selalu tidak tercapai target. Hal ini salah satunya disebabkan, karena akreditasi dari UPT. PKB masih dalam predikat C.

“Alhamdulillah beberapa minggu yang lalu tim akreditasi dari Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI bersama tim dari BPTD Wilayah IV Riau – Kepri turun ke Kota Dumai melakukan penilaian akreditasi pada UPT. PKB ini dan hasilnya dengan adanya sistem pembayaran secara non tunai ini merupakan salah satu poin penting sehingga UPT. PKB Dishub Kota Dumai mendapat predikat akreditasi A oleh Dirjen Hubdat Kemenhub RI,” bebernya.

Sebelumnya, SAKTI menggunakan QRIS BRK ini telah diresmikan oleh Wali Kota Dumai H. Paisal yang diwakili Asisten III Sekretariat Daerah Kota Dumai Muhammad Syafei dan dihadiri langsung oleh Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri MA. Suharto, Komisi III DPRD Dumai H. Hasrizal, Kasat Lantas Polres Dumai AKP Akira Ceria, Pemimpin Bank Riau Kepri Cabang Dumai Emy Pratama, Perwakilan Kadishub Provinsi Riau, Perwakilan Kepala BPTD Wilayah IV Riau - Kepri, Kejari Dumai dan undangan lainnya.

Pada saat launching di UPT. PKB Jalan Soekarno – Hatta juga ditampilkan demontrasi mobil uji keliling kendaraan bermotor (mobil unit pemeriksaan laik fungsi kendaraan) oleh rekan – rekan dari BPTD Wilayah IV Riau – Kepri.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan