Food & Traveler

5 Cara Masak Pakcoy, Bukan Cuma Tumis dan Rebus

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - Pakcoy merupakan sayuran yang masih satu jenis dengan kembang kol dan brokoli. Namun, pakcoy disebut juga sawi sendok karena bentuk bonggolnya cekung.

Pakcoy umumnya ditumis bersama daging ayam atau sapi dan bumbu dapur sederhana misalnya bawang putih. Namun, pakcoy bisa juga dimasak dengan cara lain.

Sebelum memasak kamu bisa melakukan tips membersihkan pakcoy dari MasterClass.

Pertama potong pakcoy terlebih dahulu, kemudian rendam dengan air dingin. Angkat pakcoy dari dalam air dan kibas-kibaskan untuk memastikan tidak ada tanah atau hama yang menempel.

Jika daunnya tetap utuh, potong pangkal pakcoy untuk memisahkan daunnya, lalu bilas. Kamu juga bisa memotong pakcoy menjadi dua bagian memanjang atau dibiarkan utuh.

Setelah pakcoy bersih, lanjutkan memasaknya seperti berikut.

1. Rebus pakcoy bersama kecap asin dan gula merah

Rebus pakcoy utuh di dalam air yang sudah dipanaskan, tambah dengan kecap asin dan gula merah.

Rebus pakcoy dalam wajan besar tertutup sampai empuk. Kamu bisa memotong pakcoy terlebih dahulu bila merebus pakcoy dengan ukuran besar. 

2. Tumis pakcoy bersama minyak wijen

Tumis pakcoy menggunakan minyak wijen atau minyak sayur dengan api besar. Hal ini akan membuat daun dan batang pakcoy matang merata.

Kamu bisa menumis pakcoy bersama jahe segar, bawang putih utuh yang sebaiknya digeprek dulu, sedikit kecap asin atau tamari (kecap asin jepang), dan biji wijen.

3. Olah pakcoy jadi salad

Selain dimasak, kamu bisa mengolah pakcoy mentah menjadi salad. Potong dan cincang pakcoy kemudian campur dengan minyak zaitun, cuka, dan saus dressing kecap asin.

4. Fermentasi pakcoy seperti kimchi

Selama ini kita mengetahui kimchi sawi putih. Kamu pun dapat memfermentasi pakcoy sehingga menjadi kimchi.

Cara membuat kimchi pakcoy sama dengan kimchi sawi putih. Sajikan kimchi pakcoy sebagai bagian dari banchan atau makanan pendamping bersama hidangan utama dan nasi.

5. Panggang pakcoy

Melansir dari The Spruce Eats, kamu bisa memanggang pakcoy baik utuh atau dicincang dulu. Kamu juga bisa membagi dua batang pakcoy lalu memanggangnya di atas api atau oven.

Selain lima cara di atas, kamu juga dapat mengukus pakcoy. Sayuran ini enak disantap bersama nasi hangat, sambal, dan lauk goreng."*** (KOMPAS.com) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan