Food & Traveler

4 Cara Pilih Sirsak Matang yang Benar, Pilih dari Warna Kulitnya

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - Sedang ingin membuat jus sirsak atau olahan sirsak segar lainnya? Kamu perlu tau cara memilih sirsak yang tepat agar matang dan manis. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada empat cara menentukan buah sirsak tersebut matang dan bisa diolah menjadi menu minuman atau camilan di rumah. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Lihat dari warna kulitnya

Dilansir dari buku "Mengenal Manfaat Sukun, Manggis, dan Sirsak" (2021) oleh Rohmat Kurniat Penerbit Nuansa Cendekia, buah sirsak yang sudah matang memiliki warna kulit yang berubah menjadi hijau gelap. 

Selain itu, ditambahkan dari buku "Segudang Khasiat Manggis dan Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan" (2019) oleh Lia Ernawati Penerbit Laksana, kamu juga bisa melihat dari kilau atau kilap pada permukaan kulit sirsak. 

2. Jika ditekan terasa lembek

Jika kamu ingin memastikan daging sirsak tersebut manis atau matang, kamu bisa menekan permukaan kulitnya. Jika sudah terasa empuk dan lembek, itu artinya sirsak sudah matang. 

3. Durinya yang jarang dan lunak

Selain itu, cara memilih buah sirsak juga bisa dilihat dari durinya yang muncul jarang dan teksturnya lunak, tidak melukai tangan. 

4. Daging buahnya berwarna putih dan penuh sari 

Ditambahkan dari buku "Budi Daya Sirsak" (2017) oleh Tim Mitra Agro Sejati penerbit CV Pustaka Bengawan, daging buah sirsak yang sudah matang memiliki daging berwarna putih dan penuh sari buah.

Bijinya banyak dan bentuk bulat berwarna hitam mengilap.  *** (KOMPAS.com) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan