Teknologi

Wali Kota Buka Bimtek Smart City dan Quick Program Unggulan Dumai

Wako Dumai H. Paisal foto bersama usai membuka Bimtek Smart City

DUMAI (MR) - Walikota Dumai H. Paisal membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart City dan Quick Win Program Unggulan Kota Dumai yang bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung,.

Bimtek yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang bertujuan untuk merumuskan mengenai masterplan Smart City Kota Dumai.

Selain itu juga untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah, serta mendorong proses pengembangan smart city yang efektif, efisien, inklusif dan partisipatif.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Dumai H. Paisal menjelaskan bahwa pihaknya akan berdiskusi bersama-sama untuk bisa memaksimalkan program smart city ini sehingga memang benar-benar berjalan dengan baik dan bisa direalisasikan dengan segera.

"Percepatan layanan dengan dukungan Teknologi akan sangat dibutuhkan pada zaman ini, kita juga akan melaunching aplikasi di Kelurahan-Kelurahan sehingga pengurusan dokumen-dokumen tidak akan menumpuk di Catatan Sipil. Saya yakin Bimtek ini sangat penting sehingga program ini harus benar-benar diinginkan oleh masyarakat, sehingga semuanya kepengurusan nantinya bisa menggunakan aplikasi agar lebih mudah dan efisien," ucapnya, saat pembukaan bimtek yang telah berlangsung pada Senin (13/6/2022).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai H. Khairil Adli dalam laporannya bahwa penyusunan master plan smart city masih belum bisa terangkum secara maksimal untuk itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak agar bisa diimplementasikan dengan baik.

"Kami sudah menjalankan Smart City ini di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tapi belum berjalan secara maksimal, oleh karena itu kami butuh dukungan kerjasama dengan beberapa instansi agar ini bisa terimplementasi secara sepenuhnya dan masyarakat bisa menikmatinya," jelasnya.

Perwakilan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) Kristoko Dwi Hartono menjelaskan bahwa Kemenkominfo RI akan selalu mendampingi hingga Smart City ini dapat terwujud.

"Kita tidak hanya bermimpi dengan satu layanan, nanti semua data akan tersedia secara realtime melalui handphone dengan data-data yang akan terintegrasi dengan OPD-OPD itu merupakan visi kita, kita akan punya program unggulan yaitu Quick Win yang dimana mekanisme kerja dan dukungan akan kami damping dari Kemenkominfo akan kami pandu untuk membuat program inovatif dan akan kita eksplor bersama-sama sehingga Smart City ini dapat terwujud," sebutnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut yaitu, Perwakilan Kemenkominfo RI, Forkopimda, Kepala OPD, Perwakilan Semua OPD, Instansi Vertikal, Perwakilan Perguruan Tinggi, Perwakilan Perusahaan




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan