Food & Traveler

Buruan Atur Liburan, Nih 6 Festival Tahunan di Morotai yang Ciamik

MONITORRIAU.COM - PESONA cantik yang dihadirkan Morotai memang layak untuk dijadikan 10 destinasi pioritas. Pantai-pantai perawannya begitu menawan hati.

Sebab itu, pemerintah setempat terus mengembangkan destinasi dan menarik kunjungan wisatawan baik lokal mau pun asing dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengadakan acara Events Wonderful Morotai Festival 2017.

"Tujuannya, mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke Morotai, Maluku Utara (Malut)," kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Sebanyak 7 agenda pun sudah dicanangkan dan yang diandalkan adalah Fishing Morotai. Di mana Morotai memiliki banyak spot pemancingan yang bisa dinikmati oleh wisatawan Internasional dan juga nasional.

"Saya senang yang dipilih event mancingnya, karena bila memilih atraksi bawah lautnya harus hati-hati karena banyak saingannya," katanya.

Namun sayangnya, Morotai sendiri dinilai masih kurang pengembangan wisatanya. Di mana untuk menuju ke sana akses masih sedikit terutama jalur udara, atraksi masih sedikit, dan akomodasi hotel kurang. Sehingga selama ini untuk menarik kunjungan pun dinilai sulit.

"Kegiatan event ini menargetkan kunjungan 135 wisman dan 540 wisnus ke Morotai. Morotai baru bisa mendatangkan wisman 11 ribu. Kunjungan wisatawan ini sangat berarti bagi pariwisata Malut,” ujarnya.

WMIF 2017 dimeriahkan enam event unggulan. Pertama, lomba foto bawah laut (underwater) yang berlangsung di Perairan Morotai Selatan pada 15-19 Mei 2017. Kedua, Festival Pante yang dikemas dalam beberapa kegiatan di antaranya Lomba Timba Laor, Lomba Renang, Lomba Perahu Hias, Lomba Katinting, dan Lomba Renang Tradisional yang akan berlangsung di Morotasi Selatan pada 3-6 Mei 2017. Target kegiatan ini sebanyak 20 wisman dan 80 wisnus.

Ketiga, festival musik dan tari tradisional yang dikemas dalam beberapa kegiatan lomba musik, Yangere, Musik Bambu Tada (Hitadi), Lomba Masamper, Lomba Tarian Tide-Tide, dan Lomba Tarian Cakaleleber. Kegiatan berlangsung di Morotai Selatan pada 8-12 Agustus 2017. Keempat, Fishing Morotai sebagai lomba mancing berskala internasional yang berlangsung di perairan Morotai pada 25-27 Agustus 2017. Targetnya diikuti 25 wisman dan 100 wisnus.

Kelima, Festival Pesona Kirab Nusantara Morotai dalam rangka memperingati HUT RI berlangsung di Morotai Selatan pada 14-15 Agustus 2017. Targetnya 20 wisman dan 80 wisnus. Keenam, Morotai Beach Run, kegiatan marathon yang diikuti peserta dari dalam negeri dan mancanegara yang berlangsung di Morotai Utara pada 26-27 Oktober 2017.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan