Nasional

Allan Nairn, Sosok Penulis Tanpa Bukti

JAKARTA (MR) - Sosok Allan Nairn yang sempat menghebohkan dengan tulisan berjudul 'Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar' hanya dikenal sebagai wartawan investigasi. Tidak kali ini saja Allan Nairn muncul dengan tulisan kontroversial, pasalnya pria kelahiran 1956 tersebut sudah cukup "akrab" dengan perjalanan politik di Indonesia.

Sebut saja kerusuhan yang pernah terjadi di Timor Timur pada November 1991. Allan Nairn diketahui sudah berada di wilayah itu untuk melakukan peliputan konflik yang terjadi. Tak heran jika Allan Nairn memiliki hubungan kurang harmonis dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sebagai contoh, Allan Nairn mengklaim pernah menyaksikan pengamanan cipta kondisi di Timor Timur yang dilakukan TNI. Ia mengaku melihat cara represif TNI dalam menjalankan cipta kondisi aman di wilayah tersebut.

Tak jarang pula beberapa tulisan investigasi Allan Nairn yang justru memperuncing kondisi sebuah negara tanpa diketahui kebenarannya. Sebab tulisan tersebut tidak diperkuat melalui narasumber, sehingga hanya memunculkan opini yang belum diketahui kebenarannya.

Hal itu pun kembali terulang. Allan Nairn baru-baru ini mengungkap hasil investigasinya di tulisan berjudul 'Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar'. Dalam tulisan tersebut disebutkan peran perwira dan purnawirawan aktif yang memanfaatkan demonstrasi anti-Ahok dan bertujuan melengserkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tulisan ini juga tidak disertai sumber yang jelas.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai tulisan Allan Nairn yang berjudul 'Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar' bisa memecah belah bangsa.

"Tulisan tersebut sangat memecah belah bangsa. Saya yakin jika itu terjadi pasti sudah ada hal yang disiapkan, dan intelijen sudah mencium itu kan," ujar Hendri.

Hal yang sama juga diungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang menilai tulisan Allan Nairn berjudul 'Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar' justru sengaja untuk menciptakan inkondusivitas terhadap masyarakat.

"Te‎rang dia punya motif untuk menciptakan inkondusivitas sudah pasti, dia sedang menciptakan inharmonisasi di dalam negeri," jelas Dahnil saat dikonfirmasi Okezone, Senin (24/4/2017).

Sebagaimana diketahui, Allan Nairn sendiri telah sering melakukan investigasi di beberapa negara selain Indonesia, yakni Guatemala dan Elsavador, pada 1980.

Setali tiga uang, gerakan Allan Nairn sendiri tak jauh berbeda dengan William Nessen, jurnalis lepas asal Amerika Serikat. Nessen juga melakukan investigasi di Aceh pada 2001 dan mengungkap pemberontakan GAM yang terjadi di sana.

Namun karya Nessen sendiri bukan berupa tulisan, melainkan film berjudul 'The Black Road' yang dijadikan dokumenter oleh Australia. Seiring perjalanan, Nessen justru menjadi pendukung GAM untuk tujuan memerdekan wilayah Aceh dari Indonesia.*** (okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan