Maritim

Inilah Pulau-pulau Terpencil di Indonesia

Pulau Peucang merupakan pulau di selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang Banten
MONITORRIAU.COM - INDONESIA merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak kurang dari 17.504 pulau masuk wilayah Indonesia. Dari jumlah itu, berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, sebanyak 16.056 pulau telah dibakukan namanya di PBB.
 
Banyak pulau yang tak berpenghuni dan terpencil. Berikut adalah deretan pulau-pulau terpencil di Indonesia.
 
1. Pulau Sempu
Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan.
 
2. Pulau Peucang
Pulau Peucang merupakan pulau di selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini.
 
3. Pulau Sebuku
Pulau Sebuku adalah sebuah pulau yang terletak di selat Sunda yang terletak di sebelah selatan perairan Kabupaten Lampung Timur. Pulau ini letaknya berada di sebelah utara dari Pulau Sebesi dan timur Pulau Serdang dan Pulau Legundi.
 
4. Pulau Mandalika
Mandalika, adalah sebuah pulau kecil di Laut Jawa, tepatnya di sebelah utara pantai utara Jawa Tengah. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 
 
Posisi lebih tepatnya berada di sebelah utara Desa Ujung Watu, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari desa tersebut. Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam.
 
5. Pulau Biak
Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Papua. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Biak adalah pulau terbesar di antara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang. 
 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan