Maritim

Kapal Bantuan untuk Nelayan di Riau Mangkrak

Ilustrasi

PEKANBARU (MR) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Riau, Herman, mengakui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) sektor perikanan di provinsi Riau masih terbatas.

Akibat keterbatasan itu, terdapat 22 unit kapal bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI jenis 30 GT tidak bisa dioperasikan.

"Ada 27 unit kapal 30 GT yang diberikan oleh kementerian, hari ini mangkrak di pelabuhan, karena hanya 5 yang bisa beroperasi. Hal ini karena nelayan tidak bisa menggunakan kapal besar, karena itu SDM perikanan perlu dibenahi," katanya.

Menurutnya, nelayan provinsi Riau masih memiliki kebiasaan one day one trip saat melaut, yang wilayah operasinya hanya sebatas perairan pantai.

"Kalau kita lihat rata-rata nelayan kita masih beroperasi di perairan pantai, tidak bisa keluar, kebiasaan nelayan kita di sini itu one day one trip, pergi pagi pulang sore," ujarnya, Kamis (18/4/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, kalau dilihat dari spesifikasi kapal yang digunakan nelayan di Riau, paling banyak mereka menggunakan kapal dengan spesifikasi 5 GT.

"Kalau kapal 5 GT di Riau jumlahnya mencapai lebih dari 6000 unit. Yang 10 GT hanya 700 lebih, yang di atas 10 GT sampai 30 GT hanya 360 unit, dan yang 30-60 GT hanya 27 unit kapal," cakapnya.

 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan