Kuliah Kerja Nyata

Posyandu Desa Kualu Mengikutsertakan KKN STIFAR

MONITORRIAU.COM - Posyandu merupakan salah satu bentuk fasilitas Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. 

Tujuan posyandu sendiri menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB), menambah asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh balita, memberikan penyuluhan tentang asupan gizi serta cara pemberian ASI yang baik serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan.

Mengingat pentingnya kesehatan dan tumbuh kembang balita, meskipun situasi dan kondisi masa pandemi seperti ini, kegiatan di posyandu tetap harus dilakukan secara rutin. 

Karena dengan mengikuti posyandu ini sendiri, balita akan mendapatkan vaksin dan imunisasi sesuai umur balita tersebut sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi dapat terpantau dengan baik.

Untuk wilayah Desa Kualu, terdapat 10 posyandu balita yang tersebar di berbagai tempat. 

Mahasiswa KKN STIFAR ikut membantu selama dua hari yaitu hari Rabu dan Kamis pada tanggal 14-15 Juli 2021 yang dilaksanakan di posyandu Teratai Asri dan posyandu Lestari berturut-turut.  

Kegiatan posyandu ini dimulai pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh warga yang mempunyai anak balita. Perangkat Posyandu terdiri dari Bidan Desa dan kader. 

Menurut Etty Mayasari selaku bidan Desa Kualu yang sedang bertugas, “Awareness masyarakat terkait asi eksklusif masih kurang, jadi perlu penyuluhan dan promosi kesehatan terkait manfaat asi ini. Oleh karena itu, program mahasiswa terkait penyuluhan dan pembagian leaflet saat PEKAN ASI yaitu 1-7 Agustus yang akan datang sangat kami dukung," Jelasnya.

Pemeriksaan dan imunisasi rutin dilakukan oleh bidan desa terhadap peserta yang datang ke Posyandu. Kegiatan posyandu yang melibatkan mahasiswa dimulai dari administrasi pendaftaran nama anak, penimbangan balita, mengukur tinggi badan, lingkar lengan, lingkar kepala, kemudian pengisian buku KMS (Kartu Menuju Sehat) yang mana didalam buku ini berisi catatan kesehatan ibu (hamil, bersalin dan nifas) dan perkembangan anak yang harus diisi (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun) serta berbagai informasi cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak.

 

 

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan