Kuliah Kerja Nyata

Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI di Kelurahan Tangkerang Barat Melalui Pembuatan Pojok Baca

MONITORRIAU.COM - Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balik Kampung Universitas Riau mendirikan perpustakaan mini yang diberi nama “Pojok Baca”. 
 
Pojok Baca tersebut diresmikan di teras Koperasi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Manar RW 01 Kelurahan Tangkerang Barat,Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru pada Kamis (5/8/2021).
Kepala SDIT Al-Manar, Anton Saputra menyambut baik pendirian pojok baca yang digagas oleh tim Kukerta Universitas Riau tersebut. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Kukerta Universitas Riau. 
 
“Menurut saya program pojok buku ini bagus sekali, semoga bermanfaat bagi anak-anak dan masyarakat sekitar,” ucapnya.
Hal senada juga dikatakan salah satu warga RW 01 Tangkerang Bara, Ika. Dikatakan oleh Ika, bahwa pojok buku dari mahasiswa Kukerta Universitas Riau sangat bagus, dekorasi yang digunakan menarik sehingga anak-anak tertarik untuk datang kesana, karena dalam kondisi pandemi anak jadi lebih banyak bermain dari pada membaca buku. 
 
“Alhamdulillah dengan adanya Kukerta Universitas Riau membantu kami meringankan beban mengajar, kemudian kami juga berterimakasih atas perpustakaannya, semoga dapat membangkitkan minat baca anak-anak, agar lebih pandai dan lebih pintar,” jelasnya.
Ketua Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Universitas Riau RW 01 Kelurahan Tangkerang Barat, Muh. Iman Alfikri Usman mengatakan, program kerja (Proker) Pojok Baca mempunyai tujuan agar meningkatkan minat baca serta mengadaptasi anak-anak di lingkungan RW 01 Kelurahan Tangkerang Barat dalam pembelajaran literasi dan numerisasi pada masa pandemi Covid-19 saat ini. 
 
“Selain itu, melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan anak-anak belajar secara daring sehingga anak lebih banyak menggunakan gadget dari pada membaca buku, maka dari itu kami mendirikan Pojok Baca untuk mencegah generasi muda terpengaruh efek buruk gadget yang mulai marak, padahal usianya belum cukup untuk memegang gadget,” ungkap Iman.
 
Tim yang dibimbing oleh Ibu Dr. Lita Darmayanti, ST., MT ini juga berinisiatif untuk menggalang bantuan berupa donasi buku melalui media sosial. Iman menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyukseskan proker pojok baca, sehingga terkumpul puluhan judul buku. 
 
“Alhamdulillah usaha kami bersama membuahkan hasil, terkumpul puluhan buku untuk meramaikan pojok baca,” jelasnya. (TIM HUMAS)
 

 

 

 

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan