Kuliah Kerja Nyata

Mahasiswa KKN Terintegrasi PLP UNRI Lakukan Gerakan Penyerahan Ribuan Pohon di Kampung Dayun

DAYUN (MR) - Penyerahan bibit pohon di Kampung Dayun menjadi salah satu program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) terintegrasi PLP Universitas Riau di lingkungan Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara mahasiswa KKN terintegrasi PLP Universitas Riau dengan pihak desa Kampung Dayun.

Program kerja ini dilatarbelakangi oleh adanya program Dayun Kampung Hijau yang di programkan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat tentang betapa pentingnya penghijauan, serta bertujuan untuk menambah lapangan pekerjaan baru yang mandiri dalam jangka panjang dengan mengoptimalkan sumberdaya lahan marginal sebagai usaha perkebunan buah-buahan  sekaligus memanfaatkan lahan kosong di sela pekarangan masyarakat Kampung Dayun. 

Jauh sebelum penyerahan bibit pohon tersebut, program kerja ini di awali dengan pengajuan proposal bibit buah-buahan dari pihak desa yang diajukan kepada pihak BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lingkungan) yang berlokasi di Pekanbaru, hingga ke tahap penjemputan bibit pohon ke Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lingkungan (BPDASHL) di Pekanbaru yang di wakili oleh pihak desa Kampung Dayun serta mahasiswa KKN terintegrasi PLP Universitas Riau. (12/8)

Adapun bibit pohon yang akan di bagikan adalah pohon jengkol, pohon durian, dan pohon petai. Pohon-pohon tersebut nantinya akan ditanam di lahan kosong di sela pekarangan masyarakat Kampung Dayun. Penanaman bibit pohon buah-buahan tersebut nantinya akan di tanam di beberapa titik lokasi penanaman, diantaranya adalah di Jl. Paduka Tuan, Jl. Jaya Perkasa, Jl. Tuk Antan Jamin, serta lahan kosong di sekitaran kawasan Embung Terpadu Kampung Dayun.

Melalui gerakan penyerahan ribuan pohon di Kampung Dayun tersebut di harapkan dapat mewujudkan terlaksananya program Dayun Kampung Hijau, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru yang mandiri dengan mengoptimalkan sumberdaya lahan marginal sebagai usaha perkebunan buah-buahan serta memberi kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya penanaman pohon atau penghijauan pada suatu wilayah. (Rls) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan