Kuliah Kerja Nyata

Tim mahasiswa Kukerta Terintegrasi dan LPPM UNRI Mengadakan Kegiatan Pelatihan Online Pembuatan VCO

MONITORRIAU.COM - VCO atau Virgin Coconut Oil merupakan minyak kelapa dengan tingkat kemurnian yang tinggi yang berbeda dengan minyak kelapa pada umumnya. Pembuatan VCO ini cukup mudah dan biaya nya pun terjangkau. 
 
Dengan melakukan pelatihan pembuatan VCO maka peserta dapat membuat VCO secara mandiri di rumah untuk di konsumsi pribadi atau dapat di jadikan salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di masa pandemi. 
Kegiatan pelatihan online pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dilaksanakan selama 3 hari, yang berlangsung dari tanggal 03 Agustus 2021 dan berakhir pada 05 Agustus 2021. 
 
Pelatihan online ini dibersamai oleh Bapak Muhammad Hafiz, S.Pi dan Ibu Sujarwati, M.Si selaku pemateri. Pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 berlangsung acara pembukaan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO). 
 
Pemateri kemudian menyampaikan teori mengenai Virgin Coconut Oil (VCO), manfaat, serta cara pembuatannya secara jelas. Materi di sampaikan dalam bentuk tulisan, softfile buku VCO, dan video. Acara hari pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri.
 
Rabu, 04 Agustus 2021 merupakan hari kedua kegiatan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO). Adapun kegiatan pada hari kedua adalah praktik pembuatan Virgin Coconut Oil secara online yang di dampingi oleh Bapak Muhammad Hafiz, S.Pi. Dengan adanya contoh praktik langsung diharapkan peserta mampu memahami cara membuat VCO secara mandiri.
 
Kamis, 05 Agustus 2021 merupakan hari terakhir pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO). Acara pada hari ini yaitu evaluasi hasil dari praktik pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) yang dilakukan oleh peserta yang diakhiri dengan penutupan. 
 
Jumlah peserta pelatihan online pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) berjumlah 61 orang. 
 
Peserta pelatihan online juga berasal dari berbagai kalanngan serta dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera Barat, dan lainnya. Namun, sebagian besar masih berasal dari Riau.
Dari kegiatan pelatihan pembuatan VCO secara online ini, cukup banyak dari peserta yang berhasil memproduksi VCO secara mandiri. 
 
Beberapa bahkan yang menghasilkan lapisan cairan VCO yang bening dan berwarna kekuningan dalam jumlah banyak. 
 
"Standart warna VCO sesuai SNI ialah bening hingga kuning pucat," Ujar Hafis S.Pi selaku pemateri.
 
Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini, terlihat dari berbagai macam pertanyaan yang diajukan serta pada saat produksi VCO peserta antusias untuk mencoba praktik. 
 
"Pelatihan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah pengetahuan, memperluas relasi, serta mengasah keterampilan (bisa dijadikan usaha) untuk para peserta," Ujar salah satu peserta.
 

 

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan