Lifestyle & Entertainment

Mindful Eating, Atasi Kegemukan akibat Binge Eating Disorder (BED)

Ilustrasi Google

MONITORRIAU.COM - BILA Anda sering makan dalam jumlah dan porsi yang banyak, serta sulit menahan keinginan untuk makan, maka Anda berisiko menderita Binge eating disorder (BED).

Perilaku ini berpotensi menimbulkan peningkatan berat badan yang tidak terkontrol, yang kemudian diikuti dengan berbagai penyakit serius, seperti obesitas, sleep apnea, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga berpotensi mengalami serangan jantung atau stroke. Orang yang obesitas juga lebih berisiko mengalami gejala berat saat terinfeksi COVID-19.

Perilaku konsumsi makanan dalam jumlah besar selama periode waktu tertentu dengan penurunan kontrol atas makanan yang dikonsumsi, biasanya terjadi akibat stres yang dialami.

Akibatnya, dua per tiga dari orang-orang yang BED mengalami kelebihan berat badan, dikarenakan jumlah kalori yang masuk lebih besar dibanding dengan yang dikeluarkan. Tidak jarang orang dengan BED kehilangan kepercayaan diri karena berat badannya yang berlebih sehingga membuat stres. Di sisi lain, stres biasanya merupakan faktor pemicu perilaku BED sehingga kondisinya justru lebih memburuk.

Dalam suatu penelitian didapatkan mindful eating berhubungan dengan perilaku makan dan emosi yang lebih terkendali pada pasien dengan obesitas morbid. Pendekatan ini terlihat memperbaiki asupan makan, kontrol glikemik, dan menurunkan berat badan pada pasien dengan diabetes melitus.

Mindful eating adalah kesadaran penuh saat Kita makan, artinya Kita memperhatikan sepenuhnya apa dan seberapa banyak yang Kita makan, bagaimana emosi Kita saat makan, apakah terdapat isyarat fisik saat makan, dan tidak menjadikan makan sebagai pelampiasan. Kesadaran saat makan dapat membantu memperbaiki pola makan Kita.

Dengan melakukan ini kita dapat lebih menikmati tekstur dan rasa setiap suapan, mengenal sinyal lapar dan kenyang tubuh, serta membuat suasana hati lebih baik dan lebih bersemangat dalam beraktivitas. Tidak hanya terkait perasaan, mindful eating juga dapat membuat kerja organ pencernaan menjadi lebih optimal dan membuat kita merasa kenyang dengan lebih sedikit makanan sehingga asupan kalori yang masuk dapat dibatasi.

Nah, berikut tips untuk menerapkan mindful eating:

1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

2. Makan tanpa gangguan, tidak melakukan hal lain

3. Mengetahui isyarat fisik lapar dan kenyang tubuh

4. Makan secara perlahan

5. Belajar untuk menerima keadaan dan tidak mengatasi rasa bersalah atau cemas dengan makanan

Jika kondisi gangguan makan sulit untuk diatasi sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik RSUI untuk mendapatkan saran-saran medis yang diperlukan".*** (Okezone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan