Maritim

Sebelum Dibuka Kembali, Wali Kota Tinjau Pelabuhan Internasional Dumai

Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS didampingi Kadishub Dumai Zulkarnaen saat meninjau terminal penumpang pelabuhan internasional

DUMAI (MR) - Setelah ditutup sejak pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), mulai 11 April 2022 mendatang Terminal Penumpang Pelabuhan Internasional Pelindo I Cabang Dumai akan dibuka kembali untuk perjalanan internasional.

Kesiapan itu dikemukakan Walikota Dumai H Paisal di sela-sela meninjau Terminal Penumpang Pelabuhan Penumpang Internasional PT Pelindo I Cabang Dumai di Jalan Datuk Laksamana, Sabtu (2/4/2022).

“Peninjauan ini dalam rangka mengecek kesiapan pelabuhan internasional untuk dibuka kembali pada 11 April 2022 mendatang,” ujar Paisal.

Saat meninjau kesiapan tersebut, Wali Kota didampingi Kadis Perhubungan Kota Dumai, Zulkarnain, Asmen Teknik dan Fasilitas PT Pelindo I cabang Dumai, Agung, Kapolsek KSKP, Kabid Status Hukum dan Sertifikasi KSOP Dumai, Yudi, unsur Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi dan Beacukai.

Dikatakan Paisal, secara umum kondisi Pelabuhan Internasional cukup baik. Pasokan listrik untuk mendukung operasi peralatan lebih dari cukup. Peralatan X-Ray, pemindai suhu sudah ada dan siap dioperasikan.

“Kita sangat gembira mendapat kabar pelayaran Dumai - Malaysia akan kembali dibuka mulai 11 April mendatang. Semoga dapat memberikan dampak ekonomi bagi Kota Dumai,” harap Wako.

“Namun sebelum dibuka, kita akan meminta rekomendasi dari Satgas Covid-19 dan Gubernur,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Zulkarnaen mengatakan mulai Senin (4/4/2022) hingga Kamis akan dilakukan inventarisasi, pembenahan dan penambahan fasilitas di Terminal Penumpang Pelabuhan Internasional Pelindo I Cabang Dumai.

“ Sesuai arahan Walikota, paling lambat Kamis (7/4/2022) sudah harus selesai. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak terkait. Seperti Pelindo, Imigrasi, KSKP, KKP, Satgas dan Beacukai,” kata Zulkarnaen.

Lanjutnya, kita minta pihak pengelola pelabuhan untuk memperbaiki dan menambah fasilitas yang diperlukan.

“Misalnya saja soal kondisi terminal yang sudah lama tidak dipakai tentunya harus dibersihkan dan diperbaiki jika ada yang rusak. AC, Karpet dan lain-lain. Intinya harus nyaman,” harap Zulkarnaen.

Kemudian peralatan X-Ray, pemindai suhu dan pemindai barcode PeduliLindungi yang harus sudah terpasang dan bisa digunakan sebelum 7 April 2022.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan