Riau

Pemkab Inhil Gelar Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI Tahun 2017

TEMBILAHAN (MR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah ke-XXI di lapangan Gadjah Mada Tembilahan, Selasa (2/4/2017).

Pagi iti tampak dihadiri unsur Forkopimda, sejumlah pejabat esselon di lingkungan Pemkab Inhil, tenaga pendidik, peserta didik dan sejumlah elemen lainnya.

Dalam sambutnya, Bupati membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dimana, tema Hardiknas kali ini adalah pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila.

"Kata kunci dari tema tersebut adalah gerakan. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat," ucapnya.

Disamping itu, pendidikan juga harus didorong menjadi gerakan semesta yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa yaitu masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli dan ormas/LSM mengorganisasi. 

Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter pancasila dalam pendidikan bersama. 

Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

"Itulah karakter pancasila yang menjadi tujuan pendidikan nasional kita. Menumbuhkembangkan potensi anak didik seperti memerlukan karakteristik pendidik dan suasana pendidikan yang tepat," tambahnya.***(adv/diskominfo/mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan